Buscar

Selasa, 31 Januari 2012

Mengenang 7 Hari Pasca TragediTugu Tani

Minggu lalu,tepatnya tanggal 29 Januari 2012 kaluarga besar korban kecelakaan tragedi Tugu Tani  mengadakan acara yasinan dan tahlil besar besaran di TKP, Jl.Rais,Tugu Tani,Johar Baru,Jakarta Pusat.Sedikitnya 500 orang hadir dalam acara itu menggunakan 400 motor dan sisanya diangkut dengan 10 Bus Hino AK 8 “Manohara” milik PO Mayasari Bhakti yang sengaja dicarter.

Sebelum mengadakan acara,rombongan melakukan konvoi dengan dikawal polisi dan berdemo di depan Istana Merdeka untuk menuntut keadilan.Baru pada pukul 15:00 rombongan tiba dilokasi kejadian dan memulai acara.

Akibat berlangsungnya acara ini,arus lalu lintas kendaraan menjadi tersendat.Polisi memblokir separuh badan jalan untuk mengamankan acara.

Acara ini sengaja digelar untuk mengenang 7 hari pasca kejadian yang mendapat perhatian banyak pihak.Termasuk penulis.Dan sekali lagi.Artikel ini penulis dedikasikan kepada almarhum korban tragedi Tugu Tani ini.Ucapan bela sungkawa dari penulis untuk keluarga besar korban dari hati yang terdalam.Selamat jalan teman.Selamat berjuang.Percayalah.Ini hanya cobaan.Dan di balik cobaan,Allah menyiapkan satu hal yang baik buat kita.

Minggu, 29 Januari 2012

Nyetir Di Jakarta Mesti Sabar



Sebuah media luar negri pernah menyatakan.Jika anda ingin berlatih kesabaran,maka berkunjunglah ke Jakarta.Sepertinya ungkapan itu tidak salah.Dalam mengemudikan kendaraan dibutuhkan kesabaran ekstra.Selain kemacetan yang semakin parah,hambatan – hambatan lain mulai dari ulah para pengendara motor dan mobil yang liar dan merasa selalu benar sendiri.

Penulis sendiri sering mengalami hal yang tidak mengenakan saat menyetir kendaraan.Contohnya ketika sedang asyik menyetir kendaraan di daerah Cibubur.Saat akan mepet ke kiri tiba – tiba sebuah motor Yamaha Jupiter MX nyelonong dari kiri dengan kecepatan tinggi.Selanjutnya bisa ditebak.Motor itu menabrak bagian samping kiri mobil.Hasilnya body samping sebelah kiri lecet.Sementara pengemudi motor memelototkan matanya sambil bilang “ ANJI*G LO… !!!”.Lalu berlalu begitu saja tanpa berkata lagi.

Lain lagi pengalaman di daerah Depok.Saat didepan penulis melaju sebuah mobil Grand Livina.Saat akan memasuki pertigaan,penulis ingin berbelok ke arah kiri.Karna tidak ada tanda Livina itu berbelok ke kiri,maka penulis pencet klakson agar dikasih jalan.Dipencet klakson mobil itu cuek aja.Sampe di dim pun ga ada respon.Hampir saja penulis menabrak buritan mobil itu.Dengan tanpa rasa bersalah,mobil itu langsung banting ke kiri.Selanjutnya malah nyalain lampu sein kanan.Maksudnya apa ??

Pengalaman tetangga saat menyetir di daerah Puncak saat malam hari.Tiba – tiba dating dari arah berlawanan sebuah motor yang sedang ngetrek.Tanpa lampu lagi.Selanjutnya bisa ditebak.Terjadi crash antara motor dan mobil itu.Hasilnya kedua kendaraan rusak berat.Seangkan pengemudi motor mengalami luka berat.Tapi apa yang terjadi ?? Tetangga penulis itu harus bayar ganti rugi dan pengobatan selama 6 bulan.

Ada lagi pendapat seorang rekan yang berkata “Lo tuh ga tau motor bray.Motor itu emang begitu.Selalu ngebut dan trek – trekan.Kaya gue nih.Dan motor itu ga bisa di salahin”.Penulis jadi berfikir.Ini orang bikin simnya nembak ya ??

Terlepas dari beragam kecelakaan yang terjadi setiap hari,seharusnya kita sebagai pengemudi memahami.Bahwa jalanan itu milik umum.Bukan milik kita sendiri.Ada aturanya.Ga bisa seenaknya nyetir.

Pemasangan Logo Baru Dengan Metode Baru

Semenjak PT.KAI berganti logo,seluruh armada milik PT.KAI baik itu keretanya,gerbongnya,maupun lokomotif penariknya dipasangi lambang PT.KAI yang baru.

Namun berbeda dengan Divisi Jabodetabek.Pemasangan logo baru pada seluruh armada KRL milik PT.KAI ini terkesan dipaksakan.Pada beberapa armada KRL logo dipasang di bagian dinding body dengan menimpa livery.

Berbeda dengan logo yang dipasang pada 2 armada KRL terbaru yang baru menjalani test drive setelah melakukan servis berkala.Yaitu KRL Ekonomi Rheostatik ‘Djoko Lelono 1’ dan KRL Commuter Line Eks Tokyu 8500 dengan nomor lambung 8604 F.Khusus untuk 2 armada ini logo PT.KAI yang dipasang terlihat lebih rapih.Pada KRL Commuter Line yang baru ini , logo baru PT.KAI dipasangkan pada display trayek yang ada di bagian depan.Sedangkan untuk KRL Ekonomi,meskipun logo di pasangkan di dinding body bagian depan dan menggunakan livery lama yang dcat ulang,terlihat lebih rapih.Karna pada saat pengecatan tidak ada tumpang tindih.Livery dan logo dipoles secara bersamaan.Inilah gambarnya:


Commuter Line Eks Tokyu batch 8604 F




KRL Ekonomi 'Djoko Lelono 1'

Sumber :
-http://www.facebook.com/yrailways

Produk Baru,Karoseri Tiga

Satu lagi karoseri yang siap bersaing di pentas karoseri bis Indonesia.Karoseri Tiga.Menonjolkan design yang luxury dan berani tampil beda dengan karosei lain yang menjadi pamor di Indonesia.

Dilihat dari design striping semua bagian eksterior body,sampai semua bagian lampu bis pun terlihat beda dengan produk yang beredar di pasaran.

Untuk lebih jelasnya lihat foto ini :




Bagian Depan





Bagian Samping





Bagian Belakang





Dasboard





Interior


So,What do you think ? Menurut penulis , karya ini layak diapresiasikan.Karna designya yang berani beda dan mewah.Selain itu kehadiran body ini adalah jawaban.Terutama dari pendapat segelintir orang tentang dunia perbisan di Indonesia dan di luar negri.Bahwa tidak selamanya design body bus di Indonesia selalu kaku.Kita tunggu apakah Indonesia siap menerima produk ini.

Sumber :
www.facebook.com/bismania

Kamis, 26 Januari 2012

Waspada...!!! Gadget Picu Cedera Serius



Sepertinya kita sebagai pejalan kaki harus lebih berhati – hati dalam berjalan.Terutama pada saat menggunakan gadget.Karna menurut sebuah penelitian di Amerika membuktikan.Gadget berpotensi menimbulkan kecelakaan yang menyebabkan cedera serius pada seseorang.

Dikutip dari Weborange, studi tersebut mengungkapkan, jumlah orang yang menderita cedera serius saat memakai headphone, untuk gadget meningkat tiga kali lipat selama enam tahun ini.  Para ahli menemukan, kenaikan drastis dalam cedera tersebut ketika memakai headphone sambil berjalan di jalanan, khususnya di kalangan remaja, laki-laki dan pria dewasa.

Kebanyakan korban tersebut adalah laki-laki 68 persen, di bawah usia 30 tahun 67 persen, dengan sekira satu dari 10 pada semua kasus 9 persen di bawah usia 18 tahun. Selain itu 89 persen kasus terjadi di wilayah perkotaan dan lebih dari setengah, sekira 55 persen korban ‘dikagetkan’ oleh kereta api.
Para ahli menyimpulkan bahwa penggunaan headphone dengan perangkat genggam dapat menimbulkan resiko keamanan bagi pejalan kaki, terutama dengan kendaraan bergerak.

Berbicara tentang penelitian ini penulis jadi teringat kisah seorang yang tertabrak kereta akibat tidak mendengarkan sinyal peringatan karena kupingnya di pasangin headset.Atau kisah seorang pengendara mobil yang menabrak kendaraan di depanya akibat smsan dengan pacarnya

Pedestarian VS Bikers

Belakangan santer diberitakan di internet tentang video dari youtube yang berjudul ‘Pembela Hak Pejalan Kaki’.Dalam video itu terlihat kondisi jalanan yang macet parah.Banyak kendaraan roda 2 yang naik ke trotoar.Tetapi ada seorang perempuan berdiri di trotoar itu sambil berbicara sejenak dan tidak lama kemudian motor – motor itu turun dari trotoar.

Melihat video itu penulis jadi teringat masa – masa sekolah dulu (Jiahahahaha.Jadi curhat gue :P) ketika hampir ribut dengan seorang pengendara motor di trotoar karena ditabrak olehnya saat akan memasuki pintu gebang sekolah.Saat itu si pengendara motor tadi minta pengertian kepada pejalan kaki agar mau memberikan jalan bagi motornya untuk melewati trotoar.Namun penulis bertanya,”jalan mana lagi yang harus di berikan ? Lihat sisi sebelah kiri.Ada got yang cukup dalam.Lebar jalan hanya 1 meter.Sedangkan trotoar itu hak saya”.Untung ada satpam.Jadi hanya luka lecet di kaki yang didapat akibat tertabrak motor tadi.Andai tidak ada satpam yang melerai,mungkin urusanya beda lagi.

Dari cerita tadi,sebenarnya siapa sih yang salah ? Dan apa yang seharusnya dilakukan ?

Penasaran dengan videonya ? silahkan di lihat :
http://www.youtube.com/watch?v=_Q84iAN0WVY

Selasa, 24 Januari 2012

Analisis Tragedi Tugu Tani

 

Begitu buka Facebook dan Twitter,wooooowwww…….!!!! Berbagai macam julukan dan hujatan dari masyarakat tertuju pada tersangka kecelakaan maut,Afriyani Susanti.Diantaranya fanspage di Facebook ini : http://www.facebook.com/tragedi.afriani.susanti?sk=wall&filter=12.

Terlepas dari hujatan mereka,penulis ga mau membahas lebih jauh.Tapi pada tulisan ini penulis ingin membahas penyebab terjadinya kecelakaan tersebut.Dari hasil penyelidikan terungkap beberapa kesalahan seperti berikut :
1.Pengemudi tidak memiliki surat – surat kendaraan seperti SIM dan STNK.
2.Pada saat mengemudi,si pengemudi dalam keadaan dalam pengaruh alcohol setelah sebelumnya minum – minuman keras dan menenggak ekstasi.

Akibat kelalaian ini pengemudi terancam sanksi 2 UU sekaligus.Yakni UU no.22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas & Angkutan Jalan serta UU no.5 tahun 1997 tentang Psikotropika.

UU no.22 tahun 2009
  1. Pasal 281 “Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor diJalan yang tidak memiliki Surat Izin Mengemudi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 77 ayat (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 4 (empat) bulan atau denda paling banyak Rp1.000.000,00 (satu juta rupiah).”
  2. Pasal 283 “Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan secara tidak wajar dan melakukan kegiatan lain ataudipengaruhi oleh suatu keadaan yang mengakibatkangangguan konsentrasi dalam mengemudi di Jalan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (1) dipidanadengan pidana kurungan paling lama 3 (tiga) bulan atau denda paling banyak Rp750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah).
  3. Pasal 284 “Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor dengan tidak mengutamakan keselamatan Pejalan Kaki atau pesepeda sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (2) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 (dua) bulan atau denda paling banyak Rp500.000,00 (lima ratus ribu rupiah).”
  4. Pasal 286 “Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor beroda empat atau lebih di Jalan yang tidak memenuhipersyaratan laik jalan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (3) juncto Pasal 48 ayat (3) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 (dua) bulan atau denda paling banyak Rp500.000,00 (lima ratus ribu rupiah).”
  5. Pasal 287 ayat 5 “Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan yang melanggar aturan batas kecepatan paling tinggi atau paling rendah sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (4) huruf g atau Pasal 115 huruf a dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 (dua) bulan atau denda paling banyak Rp500.000,00 (lima ratus ribu rupiah).
  6. Pasal 288 ayat 1 “Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotordi Jalan yang tidak dilengkapi dengan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor atau Surat Tanda Coba Kendaraan Bermotor yang ditetapkan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (5) huruf a dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 (dua) bulan atau denda palingbanyak Rp500.000,00 (lima ratus ribu rupiah).”
  7. Pasal 310 ayat 4 “Dalam hal kecelakaan sebagaimana dimaksud pada ayat (3) yang mengakibatkan orang lain meninggal dunia, dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp12.000.000,00 (dua belas juta rupiah).”
  8. Pasal 311 ayat 5 “Dalam hal perbuatan sebagaimana dimaksud pada ayat (4) mengakibatkan orang lain meninggal dunia, pelaku dipidana dengan pidana penjara paling lama 12 (dua belas) tahun atau denda paling banyak Rp24.000.000,00 (dua puluh empat juta rupiah).”
UU no.5 tahun 1997
Pasal 62 “Barangsiapa secara tanpa hak, memiliki dan/atau membawa psikotropika dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan pidana denda paling banyak Rp. 100.000.000,00 (seratus juta rupiah)”
Kalau di kalkulasi secara keseluruhan,hukuman maksimalya 4 bulan + 3 bulan + 2 bulan + 2 bulan + 2 bulan + 2 bulan + 6 tahun + 12 tahun + 5 tahun = 24 tahun 3 bulan.Gimana ?? sudah setimpal ??

Terlepas dari kontroversi kecelakaan maut ini,banyak hikmah yang kita dapat dari kejadian ini.Pada saat menjadi seorang supir,ada 3 sifat wajib yang harus di miliki oleh seorang pengemudi.Baik itu pengendara roda 2,roda 4 atau lebih.

1.Kedewasaan
Bersikap dewasa artinya tidak egois.Kita boleh punya skill mengemudi.Tapi saat mengemudi di jalan raya,tidak semua orang punya skill mengemudi seperti kita.Untuk itu perlu adanya sikap yang bijak dengan memperhatikan keamanan dan kenyamana berkendara tidak hanya untuk pengemudi.Tetapi juga untuk penumpang dan lingkungan sekitar.Seperti pengemudi lain dan pejalan kaki.

2.Kesadaran
Tidak hanya skill.Kesadaran diperlukan untuk konsentrasi saat mengemudi.Percuma jika punya skill tinggi tapi ga konsentrasi.Untuk itu pihak kepolisian mengeluarkan larangan berbagai macam hal yang dapat memecah konsentrasi.Seperti larangan SMSan atau telepon pada saat menjalankan mobil.

3.Attitude
Jalan raya bukanlah lintasan balap.Ada peraturan yang ditetapkan untuk keamanan dan keselamatan dalamberkendara.Oleh karena itu tidak bisa seenaknya dalam berkendara.Sikap dan etika yang santun dalam berkendara sangat dibutuhkan.Karena jalanan umum adalah milik bersama.Bukan hanya milik pengemudi sendiri.

Kecelakaan Maut,9 Tewas Dan 3 Luka - Luka

Sungguh berita yang sangat miris.Minggu,22 januari 2012 dilaporkan terjadi kecelakaan tunggal yang melibatkan mobil Xenia dengan livery hitam di Jl.Rais,Tugu Tani.Dekat kantor kementrian perdagangan,Jakarta Pusat.

Peristiwa berawal pada saat sebuah mobil ber plat nomor B 2479 XI yang dikemudikan Afriyani Susanti (29 Tahun) melaju dari arah utara dengan kecepatan 100 km/h.Tiba – tiba saja mobil oleng kekiri dan langsung menabrak 12 pejalan kaki.M obil naas tersebut baru berhenti setelah membentur halte dalam keadaan miring 45 derajat.9 orang dilaporkan tewas seketika.Sedangkan 3 korban lainya masih di rawat di RSPAD dan RSCM.

Penulis turut berduka cita atas musibah ini.Semoga menjadi pelajaran bagi kita semua.Dan keluarga korban yang di tinggalkan diberi ketabahan.

Dokumentasi kecelakaan dari internet :
 

Jumat, 20 Januari 2012

Pantura The Skull Track

Siapa yang tidak kenal jalur pantura ? Jalur yang hanya ada di pulau Jawa bagian utara ini terkenal dengan frekuensi kecelakaanya yang cukup tinggi.Terutama pada saat musim liburan.Karna pada saat itu volume kendaraan meningkat tajam.Namun tidak didukung fasilitas yang memadai.Lihat saja.Meski jalan ini termasuk dalam katagori jalan nasional,jalan ini sangat minim rambu lalu lintas dan lampu penerangan jalan.Oleh karna itu jalur pantura dikenal dengan sebutan ‘Skull Track’ atau Jalur Tengkorak.

Namun dengan minimnya fasilitas ini membuat sebagian besar pengendara di daerah situ sangat santun dalam berkomunikasi dengan pengendara lain.Sehingga pengemudi di daerah sana termasuk pengemudi yang beretika dalam mengendalikan kendaraanya.Menurut para supir yang sering melewati daerah itu,kecelakaan biasanya disebabkan oleh pengendara yang terlalu memaksakan dalam membawa kendaraan.

Namun sangat disayangkan.Ternyata banyak supir truk tidak disiplin dalam membawa muatan.Banyak di antara truk – truk ekspedisi yang mempunyai kapasitas angkut 40 Ton di paksakan mengangkut barang hingga 100 Ton lebih.Akibatnya jalanan yang dilewati truk itu menjadi rusak.Terbukti ketika 2 hari lalu penulis melintasi jalan pantura dari daerah Pamanukan hingga ke Simpang Jomin menggunakan Suzuki Carry 1.3.Terlihat sepanjang jalan lobang di mana – mana akibat jalan yang berbahan coran dan dilapisi aspa itu patah di sepanjang jalan.Jangankan untuk memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi.Untuk lari 40 km/h saja rasanya sulit sekali.Selepas Sukamandi,Terlihat perbaikan di mana mana.Banyak jalanan berlubang di tambal.

Dari kejadian ini penulis berharap.Andai pemerintah mau memperketat kebijakan dalam mengangkut muatan kendaraan,mungkin resiko jalanan rusak dapat diminimalisir.

Senin, 16 Januari 2012

CRDI (Common Rail Direct Injection)

   
Saat ini mesin diesel mulai berkembang pesat.Ditandai dengan dikeluarkanya banyak pabrikan yang memproduksi varian mesin diesel dengan teknologi yang lebih ramah lingkungan.Baik itu yang lisensi dalam negri atau Built Up luar negri.Salah satu yang kita bahas adalah teknologi CRDI (Common Rail Direct Injection).

Jika dibandingkan dengan bensin/premium,solar memiliki kualitas bahan bakar yang lebih rendah.Partikel solar lebih kuat sehingga lebih sulit hancur saat masuk ruang bakar.Itulah penyebab bahan bakar solar sering mengeluarkan asap hitam akibat dari pembakaran yang tidak sempurna.

Untuk mengatasi kasus ini,maka di ciptakanlah teknologi CRDI yang berfungsi meningkatkan jumlah partikel yang hancur dalam ruang bakar dengan meningkatkan tekanan solar yang dimasukan ke dalam ruang bakar.Caranya dengan Injector/pompa injeksi yang di lapisi dengan pipa khusus yangsangat kuat.Tekanan yang dihasilkan mencapai 1,350 bar atau 20,000 psi.Pada saat mesin membutuhkan bahan bakar,maka solar bertekanan tinggi disemprotkan ke ruang bakar.Proses pembakaran menjadi jauh lebih cepat, sempurna dan hemat bahan bakar. Teknologi ini membuat mesin diesel menjadi lebih ramah lingkungan di banding mesin diesel konvensional.Selain itu emisi gas buang berkurang hingga 60%.

Disamping itu teknologi CRDI membutuhkan solar yang berkualitas tinggi seperti DEX yang memiliki kandungan sulfur yang rendah.Yaitu 300 ppm.Lebih rendah dibandingkan dengan Biosolar 500 ppm ato Solar biasa yang mencapai 3500 ppm.Selain itu cetane number (nilai oktan) Solar DEX paling tinggi yakni 53.Sedangkan Biosolar 51 dan Solar hanya menembus anfka 48.

Namun sangat disayangkan.Ketersediaan Solar DEX masih sangat terbatas hingga saat ini yang tentunya membuat pengguna kendaraan yang sudah dibekali teknologi CRDI kerepotan.Penggunaan bahan bakar solar biasa bisa menyebabkan Injector jebol dan filter harus sering diganti.Satu – satunya tindakan preventif yang dilakukan dengan mengecek kondisi filter dan Injector.







-

Senin, 09 Januari 2012

Pilih BBG atau BBM ??

Selain rencana pembatasan BBM bersubsidi,saat ini sedang hangat di beritakan tentang rencana pemerintah untuk mengaplikasikan BBG (Bahan Bakar Gas) pada kendaraan.Pada tahap awal,akan di terapkan pada kendaraan di wilayah Jabodetabek.Nantinya kendaraan itu akan dipasang alat konverter khusus yang dapat mengubah gas menjadi bahan bakar gas.

Menteri perekonomian Hatta Radjasa mengatakan,pengaplikasian BBG ke kendaraan ini bertujuan selain menghemat anggaran pemerintah untuk subsidi BBM Bahan Bakar Minyak),juga untuk mendukung agar udara menjadi lebih bersih.

Jika tidak ada masalah,direncanakan pada 1 April mendatang,aplikasi ini akan di laksanakan di seluruh wilayah Jabodetabek.Pemerintah telah menyiapkan insfrastruktur berupa 250.000 unit alat konverter rakitan PT.Dirgantara Indonesia dan penambahan SPBG (Stasuin Pengisian Bahan Bakar Gas).Untuk kendaraan plat kuning konverter akan diberikan secara gratis.Sedangkan untuk kendaraan pribadi,bisa dibeli secara kredit.

Namun hal ini banyak menuai kontroversi.Banyak pihak yang meragukan rencana aplikasi BBG ini.Karna SPBG sendiri di nilai kurang.Sedangkan alat konverter ini di ragukan keamananya.Karna banyak kasus kecelakaan konverter gas meledak saat mesin dioperasikan pada banyak kendaraan BBG seperti pada Transjakarta.Apa lagi sekarang sebagian besar kendaraan masih menggunakan karburator.Hanya ada beberapa kendaraan yang menggunakan sistem Injeksi.Itupun menggunakan solar.Bukan bensin.Dan juga ada intake manifoolnya.

Sebenarnya jika alasanya adalah untuk mendukung kebersihan udara,banyak kendaraan yang mempunyai sistem yang membuat gas buang pada kendaraan menjadi lebih bersih.Sehingga jika gas buang dikeluarkan,tidak ada timbal yang masih tersisa.Bahkan sangking bersihnya,knalpot bisa mengeluarkan tetesan air yang menandakan tidak ada timbal.Dan satu lagi yang perlu di cermati.Penggunaan transportasi masal terbukti mampu menekan polusi udara.Oleh karna itu seharusnya pemerintah lebih memperhatikan angkutan umum di banding proyek ini.

Jadi,bagaimana menurut anda ? pilih BBG , premium , solar , pertamax ??

Minggu, 08 Januari 2012

Dukungan Dan Kontroversi Pembangunan MRT Di Jakarta



Belakangan sedang hangat diberitakan dari rekan – rekan penulis yang tergabung dalam komunitas Railfans Indonesia dan Indonesian Edan Spoor Community tentang rencana pembangunan MRT dengan trayek Lebak Bulus – Bunderan Hotel Indonesia sepanjang 15 km.Dalam pembangunan ini pemerintah DKI Jakarta bekerja sama dengan Badan Kerjasama Internasional Jepang (JICA).P ihak JICA pun menjanjikan pembangunan MRT ini akan selesai pada tahun 2016 dan mengucurkan pinjaman dana sebesar 50,1Milyar Yen tergantung dari kemauan pelaksanaan proyeknya.

Dukungan Dan Kontroversi

Rencana pembangunan MRT ini di sambut baik masyarakat DKI Jakarta.Mereka berharap dengan hadirnya MRT ini dapat menjadikan transportasi di Jakarta lebih layak dan manusiawi serta dapat memecah kebuntuan kemacetanyang selama ini menjadi masalah klasik dan tidak juga mendapat solusi.
 

Namun rencana pembangunan MRT ini juga menuai kontroversial.Banyak protes dilayangkan supir bis AKAP dan rekan - rekan dari Bismania Community terkait rencana pembangunan MRT ini.Pasalnya dalam rencana pembangunan ini akan menggusur sebagian terminal bis AKAP Lebak Bulus untuk dialihfungsikan menjadi dipo MRT Lebak Bulus.Artikel lengkapnya di sini : http://chikaladizty.blogspot.com/2011/09/tak-masuk-akal-akap-terminal-lebak.html .
Mereka menolak keras rencana alih fungsi terminal karna tidak ada solusi terminal pengganti.Sedangkan terminal bis AKAP Kampung Rambutan dan Pulogadung sudah memenuhi kapasitas.Belum lagi tambahan dari PO AKAP yang di lempar dari terminal Grogol.Artikel lengkapnya di sini : http://chikaladizty.blogspot.com/2011/09/terminal-grogol-akhir-cerita-dan.html .Selain itu pengalihan terminal ini juga akan menyulitkan penumpang antar kota yang selama ini berlangganan di terminal Lebak Bulus.


Dari berita ini,bagaimana menurut anda ? Menurut penulis sih seharusnya ada solusi yang memecah kontroversi dari berbagai pihak.Namun dengan win – win solution.Artinya yang dapat menguntungkan semua pihak.Sejauh ini berdasarkan pandangan penulis,terminal yang paling nyaman di Jakarta adalah terminal Lebak Bulus.Karna selain bebas calo.terminal ini termasuk bersih.Oleh karnanya tidak heran jika banyak PO five star class yang membuka pelayanan di terminal Lebak Bulus.Sangat disayangkan jika terminal ini dialihfungsikan menjadi dipo MRT.Di sekitar terminal,terdapat banyak pusat perbelanjaan seperti Carrefour.Harusnya pusat perbelanjaan seperti inilah yang dialihfungsikan.Karena sudah banyak sekali pusat perbelanjaan di Jakarta.

Jumat, 06 Januari 2012

Isyarat Lampu Kendaraan Untuk Berkomunikasi

Jalanan adalah tempat berkumpulnya orang yang mempunyai kendaraan.Bisa itu mobil,motor,bis,truk,dll.Untuk itu perlu dibangun komunikasi.Agar sesame pengendara mengerti maksud dan tujuan masing masing.Bedanya jika kita berkomunikasi dengan kendaraan,tetapi kali ini kita berkomunikasi dengan lampu.

Selain sebagai alat penerangan,lampu juga dimaksudkan sebagai alat komunikasi dan keselamatan.Berhubung lampu merupakan alat komunikasi dengan bahasa isyarat,maka dalam komunikasi harus dalam pengertian bahasa yang sama dan di pahami oleh semua pengendara.

Berikut ini beberapa hal yang berhubungan mengenai lampu kendaraan :

1.Tinggi lampu
Berdasarkan peraturan lalu lintas,maksimal tinggi lampu adalah 1,2 meter dari permukaan jalan.Jadi untuk lampu yang dipasang di atap mobil seperti mobil off road hanya boleh dinyalakan diluar jalan umum.

2.Lampu Kecil/Lampu Senja
Lampu senja biasanya digunakan untuk parkir yang bersifat sementara.Dimana tempat itu dalam kondisi gelap dan tidak ada penerangan sama sekali.Bukan dalam kondisi berjalan.Pada saat kita membutuhkan penerangan lebih,gunakanlah lampu besar (head lamp).

3.Lampu Hazard
Pada umumnya digunakan hanya pada saat kendaraan berhenti pada saat kondisi darurat.Kesalahan umum yang sering dilakukan adalah menggunakan lampu hazard dalam kondisi hujan atau saatmemasuki terowongan.Ini bisa membahayakan pengendara lain karna bisa menimbulkan kelelahan mata.

4.Lampu besar/Head Lamp
Pada umumnya lampu ini digunakan ketika kita membutuhkan penerangan lebih.Khusus untuk kendaraan roda 2.Selain berfungsi sebagai penerangan lebih,berdasarkan peraturan lalu lintas,penggunaan Head Lamp pada kendaraan roda dua bertujuan untuk memberikan isyarat kepada kendaraan roda 4 atau lebih didepanya.

5.Lampu Sein/Sign Lamp
Biasanya digunakan sebagai isyarat untuk berbelok atau berpindah jalur.Namun harus di ingat.Jika kita ingin berbelok ke kanan,maka yang dinyalakan adalah lampu sein kanan dan sebaliknya.Kesalahan umum yang sering dilakukan adalah menyalakan lampu sein sebelah kanan saat akan berbelok ke kiri atau sebaliknya.Hal ini akan membingungkan kendaraan lain dan bisa berakibat kecelakaan.

6.Lampu Dim
Biasanya dugunakan sebagai isyarat untuk meminta jalan.Namun perlu di ingat.Jangan terlalu sering menggunakan lampu dim.Karna lampu dim itu silau.Jika dinyalakan berkali kali bisa menimbulkan kelelahan mata.

7.Lampu Rem dan Lampu Mundur
Kedua lampu ini adalah lampu yang diprogram otomatis.Usahakan agar kedua lampu ini dalam kondisi menyala.Agar pengendara dibelakang tau posisi kendaraan anda.Baik itu mengerem atau mundur.

Sumber :
-http://wahid-bismania.blogspot.com/2011/10/lampu-kendaraan-yang-mesti-di-pahami.html

Ketika Hujan Badai Menyerang Kendaraan Pribadi

Hujan badai yang kemarin benar – benar melumpuhkan Jakarta.Banyak jalanan protokol yang macet total diakibatkan pohon dan lampu PJU yang tumbang.Yang menjadi korban sudah tak terhitung.Bukan hanya motor.Tapi juga mobil pribadi.Tetapi anehnya tidak ada yg menimpa angkutan umum yah.hehehe :D

Sebut saja namanya D.Salah satu dari ribuan pengendara mobil yang tejebak macet.Dengan geram dia berkata “kenapa sih tiap hujan selalu macet ? harusnya ini bisa di atasi !”.Hari itu dia sedikit beruntung karna tidak menjadi salah satu korban ketimpa pohon.Tapi ya tetap saja rugi.

D adalah salah satu dari ribuan orang yang stress karena terjebak macet akibat imbas kemarin.Melihat hal itu,penulis bertanya.Andai D memilih naik angkutan umum,pasti si D sudah duduk manis dan sambil mendengarkan mp3.

Penulis turut berduka cita.Karna terdapat kabar seorang supir mobil box dilaporkan tewas seketika setelah tersengat arus yang mengalir dari kabel listrik yang putus setelah tertimpa sebuah tiang PJU yang tumbang karena badai kemarin

Mobil Esemka Rajawali,Siap Menggebrak Industri Mobil Dengan Tangan Anak SMK

Mobil adalah salah satu barang mewah yang keberadaanya hanya dimiliki oleh orang – orang yang memiliki uang.Itulah alasanya.Mobil adalah symbol yang menggambarkan kesejahteraan pemiliknya.Semakin mewah mobilnya,maka semakin tinggi status seseorang.Menanggapi hal itu banyak perusahaan produsen mobilberlomba – membuat prototype mobil berbagai macam.Mulai dari yang simple class sampai yang luxury coach.

Tetapi selain Mobil Timor,kebaradaan mobil di Indonesia ini masih di Dominasi label luar.Baik itu yang built up luar negri ataupun yang lisensi.Seperti Jepang,Korea,USA,Eropa,dll dengan berbagai macam model dan spesifikasi.Belum ada perusahaan asli milik Indonesia.

Belakangan seorang walikota Solo,Joko Widodo,mulai terkenal.Bukan karna jabatanya.Tapi karna mobilnya yang unik dan diperkenalkan beberapa waktu lalu.Sekilas terlihat biasa.Tapi jika di lihat lebih jauh,dari striping body samping tertulis nama ‘Esemka Rajawali’.Wooow….!! Mobil apa itu ya ??

Itu adalah mobil terbaru hasil karya anak – anak dari gabungan 5 sekolah SMK di Jawa Tengah dan Jawa Timur yang bekerja sama dengan bengkel Kiat Motor Klaten.

Dalam pembuatan prototypenya,mobil ini berkiblat pada design prototype mobil Esemka Rajawali generasi pertama jahitan Mobil Timor yang kemudian di kembangkan dan dikerjakan hingga rampung 80%.Sisanya dikerjakan pihak KIA Motors.Namun anehnya pihak KIA sendiri tidak mengetahui proyekmobil tersebut.Hasilnya bisa di tebak.Mobil Esemka Rajawali memiliki fitur dan accesoris yang tidak kalah bagus dengan mobil – mobil five star class buatan luar negri meskipun banyak mendapat kritikan.

Sepertinya walikota Solo itu tampak serius.Dia berencana akan menggandeng proton,produsen mobil asal Malaysia untuk mengembangkan mobil ini.

Sepertinya mobil ini mulai mendapatkan perhatian masyarakat.Terbukti dengan meningkatnya jumlah permintaan hingga 2000 unit dari berbagai kalangan.

Hingga kini merk mobil Esemka Rajawali dipegang oleh agen tunggal pemegang merek (ATPM) yaitu PT Solo Manufaktur Kreasi.Ada tiga varian mobil yang ditawarkan.Pick Up Double Cabin,Pick Up Single Cabin dan SUV.Rencananya mobil ini akan dilepas di pasaran dan di bandrol seikitar 90 juta untuk type Pick Up dan sekitar 120 juta untuk type SUV.

Nah berikut ini spesifikasi dan gambarnya :


Mobil Mewah Esemka Solo






Panjang : 5.035 mm
      Lebar : 1.690 mm
Tinggi : 1.630 mm
Bahan Bakar : Bensin
kapasitas Mesin : 1.500 cc SOHC 4 silinder + multi point injection
Transmisi : 6 (1-2-3-4-5-R)
Max Speed : 180 Km/jam
Max. Output : 105HP / 5.500 rpm
Max Torque : 145 Nm / 4.100 RPM
Power Stearing
Central Lock System
Power Windows
Parking Censor
Air Conditioner Dual Zone
Audio System + CD
Daya Tampung 7 Penumpang + Supir

Penulis berharap mobil ini tidak hanya di perkenalkan oleh walikota Solo.Tapi juga di event bergengsi seperti IIMS (Indonesia International Motor Show) dan IIBT (Indonesia International Bus and Truck).Atau setidaknya mendapat apresiasi pemerintah seperti Komodo PT.AAi dan Ibobus PT.INKA.

Jadi,bagaimana menurut anda ? Berminat ??

Sumber :
-http://www.poztmo.com/2012/01/mobil-esemka-rajawali.html
-http://sumbercara.blogspot.com/2012/01/mobil-esemka-belum-memenuhi-syarat.html

Rabu, 04 Januari 2012

KRDE (Kereta Rel Diesel Elektrik)

KRDE (Kereta Rel Diesel Elektrik) merupakan salah satu jenis MRT (Mass Rapid Transit) yang mengkombinasikan mesin diesel dengan teknologi yang di pakai pada KRL (Kereta Rel Listrik) dalam pengoperasianya.

Pada KRDE,mesin diesel berfungsi sebagai pembangkit tenaga listrik. Energi listrik yang dihasilkan diolah lagi padaVVVF (variable voltage variable frequency) inverter, yaitu suatu rangkaian yang dapat mengubah frekuensi dan tegangan listrik, yang digunakan sebagai kontrol motor induksi. Selanjutnya, output  tegangan yang dihasilkan dialirkan ke traction motor (TM) yang ada pada roda. satu TM hanya menggerakan satu roda - jadi dalam satu railcar terdapat empat TM.

Jumlah TM yang ada pada satu set KRDE tergantung dari besarnya daya listrik yang dihasilkan generator. keuntungan dari sistem ini antara lain mesin diesel yang terpusat, getaran yang dihasilkan cukup kecil, tidak begitu bising, dan tarikan (akselerasi) lebih besar (3,7 m/s2).

Dalam aplikasinya,KRD ini menggunakan 5 rangkaian kereta dalam 1 set.Kelima rangkaian keretatersebut terdiri atas 1 unit kereta mesin diesel,1 unit kereta ko-trailer, 2unit kabin trailer dan 1 unit trailer ditambah kabin masinis. Pada kondisi beban normal 1 set KRDE dapat mengangkut total penumpang duduk dan berdiri sebanyak 920 orang. KRDE ini diberi kode KDE-3, yang berarti KRDE kelas ekonomi.

Di Indonesia,teknologi KRDE ini di terapkan pada rangkaian kereta Prambanan Ekspres yang melayani trayek Yogyakarta - Solo dan rangkaian kereta Rencang Geulis yang melayani trayek Padalarang – Cibatu.Keduanya merupakan armada Eks KRL BN-Holec yang dimodifikasi.Yang lainya adalah rangkaian kereta Arek Surokerto yang melayani trayek Surabaya –Mojokerto yang merupakan armada Eks KRL ABB Hyundai yang dimodifikasi.

Ketiga jenis rangkaian kereta itu dimodifikasi dengan dipasangkan mesin diesel Cummins type QSK45 yang menghasilkan daya 1380 KW atau sekitar 1500 HP buatan USA.

Berikut ini adalah gambar beberapa produk KRDE buatan INKA yang sudah beroperasi :




Rencang Geulis





Prambanan ekspres






Sumber :
-http://rednblueloco.wordpress.com/2009/10/04/hunting-lok-merah-di-daop-ix/arek-surokerto-dan-penjaganya/
-http://www.facebook.com/railfans24?ref=ts
-http://www.facebook.com/pages/Kereta-Api-Prambanan-Express-Pramex/153211443542
-http://www.facebook.com/groups/edansepur.id/

Selasa, 03 Januari 2012

Nippon Bus From Japan

Ternyata bukan hanya kereta built up Jepang yang hadir mewarnai dunia Transportasi di Indonesia.Bis dan truk pun juga ada.Namun kali ini penulis hanya ingin membahas tentang bus saja.Sebenarnya sulit bagi penulis melacak bus asli Jepang ini.Sejauh ini hanya sedikit keterangan yang di himpun.Tapi kita coba membahas lebih jauh.

Sekitar lebih dari 4 tahun lalu hadir banyak sekali bus built up dari Jepang.Bus yang hadir dengan status hibah ini adalah Eks bus kota di beberapa daerah di Jepang.Penulis memperkirakan bis ini sengaja di berhentikan operasionalnya mengingat hingga saat ini di Jepang tengah di pasarkan bus kota dengan spesifikasi yang sangat ramah dengan lingkungan.Diantaranya hybrid Bus dan Panel Bus.

Semenjak kedatanganya di Jakarta,banyak PO yang menggunakan bis tersebut.Diantaranya Steady Saffe,PPD dan Kemenhan.Mesinya pun variatif.Mulai dari Mitsubishi,sampai Hino seri Nobita.

Pada awalnya bis – bis ini terbilang layak kondisinya.Namun seiring berjalanya waktu,bis ini mulai terlihat usang karna tidak terawat.Bahkan banyak bis dari operator PPD dan Steady Saffe yang di cabut izin trayeknya.Hanya beberapa bis milik kemenham dan PO Agra Mas trayek Tanggerang – Cikarang yang masih bisa di selamatkan dan mempunyai kondisi yang layak.Itupun sebagian sudah dimake over pada bagian depanya oleh karoseri Rahayu Santosa.

Ciri – ciri bus ini cukup mudah di kenali.Dimulai dari striping semua bagian yang sangat khas dengan ciri bis ala negri sakura.Dimulai dari bagian lantai bis dari depan sampai buritan yang low decker.Untuk bagian samping,bagian kaca sangat persis mirip KRL Commuter Line seri Toei 6000.Sementara semua pintu menggunakan sistim pintu pneumatic yang mipip dengan sistem yang digunakan pada Transjakarta.

Soal performa,Agustus lalu penulis pernah berkesempatan menjajal bis ini dari PO Agra Mas.Terlihat dari interior sepertinya pada konfigurasi seatnya di rubah total menjadi seperti bus patas pada umumnya.Yaitu 3-2 dengan 10 baris dan kandang macan.Karna format seat ini cenderung berbeda pada bis yang dimiliki PO PPD.Yaitu 1-1 pada bagian depan dan tengah.Sedangkan untuk bagian tengah hingga ke belakang format seat melintang plus kandang macan pada bagian belakang seperti pada KRL eks Jepang.

Untuk PO Agra Mas,bis ini melewati gerbang tol cibitung menuju Jakarta dan masuk tol Cikunir ke arah Tanggerang.Selama perjalanan terlihat sekali bis ini dirawat.Karna tercium aroma wangi dari dalam bis.Sedangkan mesinya,meskipun kedengaran sedikit kasar,bis ini hanya mampu berlari 90km/j saja.Entah mengapa driver tidak memacu lebih jauh.Sepertinya kemampuan bis ini terbatas.Terbukti dengan berlari segitu saja,bis sudah melayang.

Yang unik menurut penulis adalah dashboard dan kokpitnya.Designya sangat berbeda dengan design kokpit di Indonesia.Terlihat beberapa bagian masih berlabel tulisan bahasa Jepang.Sementara d bagian atas diberikan sebuah TV.Sedangkan tongkat transmisinya wooow……!!!! Sangat kecil.Terkesan imut.Mirip dengan tongkat transmisi pada Daihatsu Grand Max.

Nih dokumentasinya biar ga pada penasaran :





PPD P 45 Eks Meitetsu





Agra Mas , bagian depan di rombak dengan model Celcius





Sampingnya,Lagi stabiling di PGC






Jeroanya





PPD Eks Kanachu

Sumber :
-http://www.facebook.com/fajar.suciono
-http://www.facebook.com/railfans24

Welcome Back To Euroliner

Tahun 2012 ini mulai d rasakan aroma persaingan yang semakin ketat antar karoseri di Indonesia.Banyak bermunculan prototype body yang innovatif dan beragam lahir di pabrik karoseri.baik itu karoseri ternama atau hanya sekedar karoseri biasa.

Begitu juga dengan pabrik karoseri asal Wanaherang,Bogor,Rahayu Santosa.Untuk menghadapi persaingan yang semakin sengit,pabrikan karoseri ini telah meluncurkan beberapa prototype body baru.

Namun ada salah satu prorotype body yang unik dari Rahayu Santosa.Dia adalah Euroliner. Terutama untuk karoseri ini.Karna pada dekade 90an,Rahayu Santosa pernah mengeluarkan body ini sebelumnya.Kala itu,body ini pernah menjadi icon kebanggaan produk dari Rahayu Santosa karna menjadi pelopor prototype body dengan selendang di sisi kiri dan kanan dan laris manis di pasaran.

Kini setelah unjuk gigi dengan New Celcius,karoseri asal Bogor ini melahirkan kembali body yang pernah Berjaya di era 90an ini.Namun kira – kira seperti apa ya tampilan prototypenya ?Yuk..kita bahas.

Dimulai dari kaca bagian samping.Di situ terlihat lebih lebar.Sehinnga mengharuskan perubahan konstruksi di sisi lambung dan penyangga atap.Memang jika terlihat sepintas,tidak terlalu banyak perubahan sgnifikan.Namun konstuksi diperkokoh agar mampu menyangga lebar kaca yang mencapai 100cm. Begitu pula dengan kaca depan yang lebih tinggi, yang baru pertama kali diaplikasikan pada desain bus RS.

Desain yang dibuat RS sejak 2008 sudah memperhatikan kesetimbangan titik pusat gravitasi badan bus dan kesetimbangan berat badan bus dengan chassis. Karena itu, desain yang mereka buat tidak hanya mempertimbangkan estetika, tetapi juga keamanan dan keselamatan.

Saat pertama kali melihat bus ini,mungkin kita bisa menilai body bus ini terkesan gagah,besar dan kokoh.Kesan ini ditimbulkan d bagian muka dan buritan.Dimana pada bagian muka di pasang lampu depan yang besar dan pada bagian buritan dipasang lampu belakang yang mennegembung,serta panjang dan lebar.Mirip sekali dengan pendahulunya.Sementara dari sisi samping,tidak jauh berbeda dengan pendahulunya.Yaitu Evolution dan New Celcius.Hanya saja pada bagian kaca terlihat lebih lebar.

Lanjut ke bagian interior.Di bagian ini kebin terlihat lebih simple,namun memberi kesan lebih bersih dan elegan.Kaca yang didesign lebih lebar memberikan pandangan yang lebih leluasa pada penumpang.

Hingga saat ini hanya ada tiga operator yang mendapat kesempatan pertama menggunakan model terbaru ini. Dua unit untuk operator bus yang beroperasi di Sumatera, satu unit untuk operator bus di Jawa dan satu unit lainnya untuk operator bus di Bali. Ketiganya digunakan untuk bus wisata

Naah.Biar ga penasaran nih ada foto untuk lebih mempertegas seperti apa sih Euroliner ??




Euroliner Dekade 90an







Euroliner 2012 bagian depan






Euroliner 2012 bagian buritan


So,bagaimana menurut anda dengan kelahiran generasi kedua Euroliner ? Yang jelas penulis  mengucapkan “Welcome Back To Euroliner,Selamat Datang Kembali Di Dunia Transportasi Indonesia”.


Sumber :
-http://www.facebook.com/bardy.cinta.lestari
-www.facebook.com/bismania
-http://haltebus.com/detail143.html
-http://www.facebook.com/groups/gm.mania

2011 Transportasi Di Jakarta Masih Memprihatinkan

Jakarta macet…..?? Basi kali ya.hehehehe…:D.Rasanya bosan membahas kemacetan di Jakarta yang terus berulang - ulang.Beberapa hari lalu penulis sempat mengunjungi beberapa forum yang membahas mengenai transportasi.Rata – rata tanggapan mereka sama.Tahun 2011 transportasi massal masih jauh dari kata ‘layak’.Bahkan cenderung terpuruk.Seperti biasa.Bagus di awal,namun semakin turun kualitas seiring berjalanya waktu.

Bagi sebagian kalangan yang mampu , setidaknya mereka bisa bertahan ditengah kepungan kemacetan.Meskipun beresiko tinggi,bagi yang mampu membeli motor setidaknya mereka bisa sedikit lega.Karna murah meriah dan cepat sampai tujuan.Untuk mobilmeskipun boros bahan bakar, setidaknya ada rasa aman dan nyaman di dalam kendaraan.Namun sampai kapan mereka mampu bertahan ?? Setiap hari berapa orang yang terus bertambah menggunakan kendaraan pribadi ??

Sempat terbuka secercah harapan untuk menuju yang lebih baik ketika hadir Transjakarta dan monorail.Namun semua mimpi yang dibangun seolah kembali terkubur.Proyek monorail tiba – tiba batal dengan alasan tidak ada dana saat sudah rampung 30%.Supir angkutan umum protes karna izin trayek mereka di cabut secara sepihak oleh Dishub DKI dengan alasan yang tidak masuk akal.Trayek mereka bersinggungan dengan trayek Transjakarta.Sementara dari segi kualitas pelayanan,Transjakarta yang sekarang berbanding terbalik dan semakin menurun jika dibandingkan Transjakarta pada awal kemunculanya.

Belum selesai masalah Transjakarta,kali ini penumpang KRL yang menjerit.Pola melingkar/Loop Line yang memangkas trayek perjalanan dari 37 trayek hingga 6 trayek yang terkesan prematur menyulitkan mereka.Belum lagi rencana penghapusan KRL Ekonomi pada tahun ini yang semakin mengancam rakyat kecil yang tidak mampu membeli tiket kereta.Imbasnya bisa ditebak.Yang kaya beralih ke kendaraan pribadi.Tapi yang pas – pasan ?? Gatau deh…Silakan jawab sendiri.

Disisi lain mega proyek jalan tol senilai Rp40 triliun siap dilaksanakan yakni Semanan-Sunter (17,88 km), Sunter-Bekasi Raya (11 km), Duri Pulo-Kampung Melayu (11,38 km), Kemayoran-Kampung Melayu (9,65 km), Ulujami-Tanah Abang (8,27 km) & Pasar Minggu-Casablanca (9,56 km).Ironis ga ya ??

So,Bagaimana menurut anda?? Menurut penulis sih jika kondisi seperti ini terus dibiarkan,tunggulah ramalam 2014 Jakarta akan macet total (weeew.sereem).Tapi jika pemerintah mau bertindak,belum ada kata terlambat untuk memecah kemacetan.Setidaknya si tahun 2012 ada setitik harapan untuk menjadi lebih baik.

Demikian tanggapan tahun 2011 kemarin.mohon maaf jika terlambat.Selamat tahun baru 2012

Aplikasi Standar Emisi Euro 3 Pada Kendaraan Roda 2

Masih ingat tentang tulisan sebelumnya tentang Euro EmissionStandart ? Ya betul.Itu adalah standar Emisi Eropa mengatur batas-batas yg diperbolehkan dari kandungan gas buang kendaraan-kendaran baru yg dijual di negara-negara European Union (EU) / Uni Eropa.Artikel lengkapnya ada di sini :

http://chikaladizty.blogspot.com/2011/08/euro-emission-standard.html


Baru – baru ini muncul wacana tentang aplikasi standar emisi asal Eropa itu.Namun bukan pada kendaraan bis pada umumnya.Tapi pada kendaraan motor.Mengingat banyak keluar varian motor dengan injection system pada sistem pengapianya.

Kenapa harus Injeksi ? Jawabanya mudah.Karna jika semakin baik campuran antara udara dan gas , maka akan semakin optimal power mesin yang dihasilkan.Dan sampai saat ini hanya sistem pengapian dengan bahan bakar injeksi yang mampu.

Sebenarnya untuk motor dengan sistem menggunakan karburator , bisa saja deprogram untuk memenuhi standar emisi Euro  3.Namun dengan catatan resiko performa kendaraan akan ngedrop alias down.

Nah,bagaimana ?? tertarik menerapkan standar emisi Euro 3 padamotor anda ??

Sumber :
-http://blognyamitra.wordpress.com/2011/12/29/bisakah-motor-karburator-lolos-euro-3/#more-6036

Senin, 02 Januari 2012

Kejadian Penting Seputar Dunia Transportasi Sepanjang 2011

Artikel ini lebih banyak membahas seputar kejadian penting seputar dunia transportasi sepanjang tahun 2011.berikut ini adalah bahasanya :

1.Hot News
~ Pernyataan kontroversial anggota DPR yang menetapkan masinis KA Argo Bromo Anggrek sebagai pihak yang bertanggung jawab dalam kasus kecelakaan di Petarukan , Jawa Tengah.
~Pernyataan kontrovelsial anggota DPR yang menetapkan supir bis PO Sumber Kencono sebagai pihak yang bertanggung jawab dalam kasus kecelakaan di Madiun , Jawa Timur.
~Pencabutan izin trayek secara sepihak oleh Dishub DKI Jakarta terhadap angkutan umum yang bersinggungan dengan jalur bus Transjakarta tanpa ada kejelasan status trayek PO yang bersangkutan.
~Pemblokiran terminal Kali Deres terkait rencana pemerintah terhadap terminal tersebut untuk diformat hanya sebagai terminal AKDP.
~Isu rencana alih fungsi Terminal Lebak Bulus menjadi Pool MRT.
~Ancaman mogok kerja Pilot pesawat Garuda.
~Ancaman mogok kerja pegawai PT.KAI.
2.Pameran
~IIMT (Indonesia International Motor Show) di PRJ Kemayoran , Jakarta.
~IIBT (Indonesia International Bus And Truck) di PRJ Kemayoran , Jakarta.
~Pameran Navystar Bus dan Road Test OBL MB OH 1525 Divisi Pariwisata di Bandung , Jawa Barat.
~Festival kereta api di Tj.Priok , Jakarta.
3.Lauching
~Lauching trayek baru PO Gunung Harta di terminal Baranang Siang , Bogor , Jawa Barat.
~Lauching KRL Commuter Line KFW I-9000 Bombardier dan Rangkaian KA Ekonomi AC Gajah Wong di Stasiun KA Jakarta Kota , Jakarta.
~Lauching Railbus Batara Kresna dan Duble Decker Bus Werkudoro
~Lauching Transjakarta koridor 11 di Halte Transjakarta Kantor Walikota Jakarta Timur.
4.Transportasi Built Up Luar Negri Yang Masuk Ke Indonesia
~Jepang :
  *KRL Tokyo Metro Seri 05,7000,6000.
  *KRL JR Seri 203.
~China :
  *Chassis bus Golden Dragon
  *Chassis bus Wechai
  *Mesin Bus Doosan
  *Mesin bus Dong feng
  *Mesin bus Yuchai
~Korea :
  *Mesin bus Hyundai
5.Transportasi Hasil Kerjasama Indonesia Dengan Luar Negri
~Indonesia-Netherland-Germany:
  *KRL KFW I-9000
~Indonesia-USA :
  *Body bis built up Scania
  *Body bis built up Travego Coach
  *Body bis built up Golden Dragon
6.Kecelakaan
~Kecelakaan PO Sumber Kencono vs Isuzu Travel
~Kecelakaan PO Sinar Jaya vs New Toyota Avanza
~Kecelakaan PO Die 9 Shymponie VS Mobil Ambulans
~Kecelakaan KA Argo Bromo Anggrek vs KA Senja Utama Semarang
~Kecelakaan KA Mutiara Selatan vs KA Kutojaya
~Tenggelamnya kapal nelayan yang mengangkut turis asal Timur tengah
~Kecelakaan pesawat Sriwijaya Air

Demikianlah Laporan Kejadian penting seputar dunia Transportasi di Indonesia berdasarkan info yang di himpun dari berbagai rekan – rekan lintas komunitas.Mohon maaf apabila masih banyak kejadian penting yang tidak masuk dalam tulisan ini dikarnakan informasi yang kurang.

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Safety Is The First | Copyright © 2011 Diseñado por: compartidisimo | Con la tecnología de: Blogger