Buscar

Selasa, 28 Agustus 2012

Tol Cipularang VS Alas Roban

 

 

Seperti kita ketahui tol Cipularang adalah salah satu akses yang menghubungkan kota Bandung dan Jakarta yang tercepat.Sangking cepatnya jarak kedua kota itu bisa ditempuh hanya dalam waktu 3 jam saja.
Tapi yang menarik dari tol ini bukan sekedar singkatnya waktu tempuh.Melainkan frekuensi kecelakaan yang cukup tinggi.Terutama di kilometer 97.Masyarakat di sana percaya.Bahwa tingginya frekuensi kecelakaan tersebut diakibatkan oleh keisengan jin yang bersemayam di sana.
Terlepas dari opini masyarakat,menurut penulis kondisi jalan tol Cipularang yang membelah gunung memang cukup rawan kecelakaan.Jalan tol memang halus.Tapi landai dan cukup minim tikungan yang umumnya di temukan di jalan tol yang membelah gunung seperti tol Krapyak – Ungaran di Semarang yang terlihat lebih curam namun banyak tikunganya.Kondisi ini akan mengakibatkan gaya gravitasi bumi yang tinggi.Sehingga jika ada kendaraan yang lewat daerah situ,maka kecepatan kendaraan akan meningkat drastis.Dibutuhkan konsentrasi yang tinggi untuk melewati daerah ini.Sedikit saja meleng,arah kendaraan berubah jauh.
Soal horornya memang penulis sendiri secara batin merasakan ada yang aneh di kilometer 97 ini.Seringnya kecelakaan dan banyaknya mitos masyarakat mengingatkan penulis tentang daerah Alas Roban di Batang,Jawa Tengah.Jaman dulu daerah ini lebih terkenal dibanding Cipularang dengan banyaknya Bajing Loncat (Sejenis Maling) dan mitos masyarakat tentang adanya sejenis pasar setan.Sekarang daerah ini sudah tidak begitu terlihat misterius karna sudah ramai.Tapi baru – baru ini ada berita yang menghebohkan.Sebuah bus dilaporkan hilang dan ditemukan ditengah hutan belantara.Kata orang sih itu bus di clik setan.Dari situ penulis mikir.Kalo di Cipularang,setan terkenal dengan bikin orang kecelakaan,tapi kalo di Alas Roban terkenal dengan ngilangin kendaraan.Hehehehe :D

Libur Lebaran Usai,Korban Tewas Mencapai 908 Orang







 

Liburan lebaran 1433 H berakhir sudah.Saatnya kembali beraktivitas secara normal seperti sebelum libur lebaran.
Nah,pas lagi nyantai kemaren,penulis dapet berita yang cukup bikin kaget.Di fanpage facebook komunitas MTI dan Bismania Community muncul berita yang katanya dapet data dari kepolisian.Bahwa hingga hari senin,27 Agustus 2012 korban tewas akibat kecelakaan saat arus mudik kemarin mencapai total 908 orang.Yang lebih bikin kaget lagi sebagian besar korban adalah bikers (Pengendara Motor).Jumlah ini meningkat 130% di banding tahun lalu.
Kira – kira pembaca bisa bayangin ga ? dalam 1 hari berapa nyawa melayang kalo totalnya segitu ? Mungkin sekitar 3-4 ya.Saat mudik kemarin saja penulis melihat sendiri bagaimana orang sekarat dengan kondisi kepala hancur di tengah jalan di daerah kertosuro.Atau ketika kepala seorang bikers hampir kelindes ban depan sebuah bis setelah terjatuh akibat menabrak bumper belakang sebuah mobil pick up.
Tapi jika kita lihat kembali keadaan saat arus mudik kemarin menurut penulis bukanlah suatu hal yang luar biasa kalau jumlah korban tewasnya segitu.Banyak faktornya.Diantaranya kondisi jalan yang tidak bisa diprediksi dan berkurangnya kapasitas jalan akibat bertambahnya volume pemudik.Tapi faktor yang paling berpengaruh adalah karakter pemudik dalam mengemudikan kendaraanya yang cenderung ngebut dan ugal – ugalan dan terbiasa berjalan di jalan yang mulus.Sehingga ketika ia berada di jalan antar kota (terutama di Indonesia) yang terkenal dengan kondisi jalan yang tidak bisa di prediksi namun kebanyakan pengemudinya lebih mengutamakan safety dan share mengenai jalan dibanding kecepatan,ia tidak bisa mengontrol kendaraanya.
Terserah orang mau nanggapin apa tentang jumlah korban tewas.Bagi penulis itu tidak penting.Tapi pertanyaanya mau sampai kapan ada korban tewas ? Apakah pembaca mau jadi korban berikutnya di tahun depan ?.Ingat.Mudik itu adalah ajang untuk kita bersilaturahmi.Bukan media untuk pamer THR sama ngebut di jalan.

Senin, 27 Agustus 2012

selamat Iedul Fitri 1433 H

 

 

Sebelumnya maaf klo terlambat.Maklum sibuk ngitungin angpau serebuan.Hehehe :D.
Ga banyak yang ingin penulis sampaikan selain permohonan maaf.karna semua manusia pasti ga pernah lepas dari salah dan khilaf.Dan penulis berharap hari ini dan selanjutnya akan lebih baik lagi.Always keep safety and share.

Jumat, 17 Agustus 2012

1 Tahun Blog Ane

 

Ga berasa ya.Udah 1 tahun ngeblog.Dan isinya pun gado – gado bin campur sari.Ya gitu dah gaya saya kalo ngeblog.Ga musti membahas 1 tema yang itu - itu aja.Jadi biar pada ga bete.Namanya juga mahasiswa kurang kerjaan.Kalo lagi bener ya ngeblognya bener.Kalo lagi gila ya begitu dah.Tapi tetep isinya bermanfaat (kata yg nulis.Tau deh kalo kata yang baca :D).Anyway,makasih sebelumnya udh numpang perpal d marih sambil baca postingan yang aneh,lucu,galau,ampe yang garing.saran dan kritik tetep di tunggu buat evaluasi biar ke depanya ni blog jadi lebih ajib buat tempat perpal.Yuk mari kita bikin meriah pestanya.
#bajaktrukpertamina :D

Pesawat Sukhoi F-16 Pamer Fly Pass Di Atas Langit Istana Merdeka


 

Setelah sempat diterpa gosip tidak enak setelah sebelumnya mengalami insiden kecelakaan beberapa waktu lalu,maka tadi saatnya pesawat asal Rusia,Sukhoi kembali “pamer” performnya.

Tapi yang unjuk gigi kali ini bukan Sukhoi Super Jet 100.Melainkan pesawat tempur Sukhoi F-16 dari TNI AU.

Ya,pesawat ini melakukan atraksi fly pass di atas istana negara tepat pada pukul 10:00 WIB saat upacara kemerdekaan berlangsung.
Dalam aksinya ini,ada 2 formasi yang ditunjukan di udara.Yang pertama formasi Double V Garuda Elemen 1 yang dipimpin komandan Skadron Udara 3 “Dragon F-16” Letkol Pnb Ali Sudibyo.Sedangkan yang kedua formasi Double V Garuda Elemen 2 yang dipimpin komandan Skadron Udara 11 “Thunder Sukhoi” Letkol Pnb M. Untung Suropati.Masing – masing formasi terdiri dari 5 unit pesawat tempur Sukhoi F 16.

"Kami terbang di ketinggian 1.500 kaki. Selamat memperingati Dirgahayu Republik Indonesia ke-67. Jayalah selalu!" kata salah satu pilot pesawat tempur tersebut melalui sambungan radio komunikasi yang diperdengarkan melalui pengeras suara di lokasi upacara sebelum melintas.
Menurut Komandan Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Marsma TNI A Adang Supriyadi, SE, kegiatan ini merupakan sebentuk kehormatan dan penghargaan Pimpinan Negara kepada TNI Angkatan Udara.

Dalam atraksi ini juga didukung pesawat NAS 332 Super-Puma sebagai kesiapan SAR. Ini sudah merupakan SOP. Pesawat ini siap untuk mendukung pergerakan pesawat tempur seandainya terjadi emergency-eject.

Kalau pembaca lihat tadi,atraksi pesawatnya tertangkap kamera TV.Tapi sayangnya hanya sepintas terlihat.Tapi yang pasti tetep keren lah.hehe :D

Kamis, 16 Agustus 2012

Yang Unik Di Mudik 2012


 

Kali ini penulis mau berbagi cerita mengenai 2 upaya pemerintah untuk melancarkan arus mudik – balik hari raya Idul Fitri 1433 H yang penulis bilang cukup unik.
Yang pertama upaya yang dilakukan Pemkab Cirebon.Yaitu melarang pengoperasian becak yang rencananya akan dimulai H-2 besok.Sebagai penggantinya Pemkab Cirebon telah mempersiapkan dana khusus yang akan digunakan sebagai dana PE (Penunjang Ekonomi) kepada para tukang becak.

Yang kedua adalah kontribusi TNI AL dalam membantu melancarkan arus mudik dengan menyumbangkan armada berupa kapal perang KRI Banda Aceh
593.Kapal ini melayani rute pelabuhan Tanjung Priok,jakarta – pelabuhan Tanjung Emas,Semarang.Di perjalanan perdananya,kapal ini mengangkut 1004 motor dan 1800 pemudik secara gratis tanpa dipungut biaya sama sekali.Menurut dirut PT.Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II/Indonesia Port Corporation (IPC) RJ.Lino mengatakan penggunaan moda transportasi laut agar menjadi pilihan masyarakat untuk pergi ke kampung halaman. Untuk mendukung hal tersebut, kata dia, kenyamanan penumpang pada masa mudik, IPC telah menyiapkan sarana dan fasilitas di terminal penumpang seperti penyediaan ruangan ibu menyusui, ruang penyandang cacat, kanopi dan fasade cladding aluminium

Senin, 13 Agustus 2012

Tips Mengecek Kondisi Kendaraan Sebelum Berlibur Bagian 2


 

Tahun ini,mudik dengan menggunakan mobil masih menjadi salah satu cara mudik yang di sukai masyarakat.Nah,supaya perjalanan aman da nyaman,maka kondisi kendaraan kudu di siapin nih.Salah satunya mengecek dengan Tune Up.Mendingan Tune Up dilakukan jauh – jauh hari sebelum musim liburan.Karna biasanya musim mudik bengkel rame.
Tune up
Item2 yang biasa biasa dilakukan oleh bengkel ketika tune up adalah
  • Setel klep kecuali tunggangan sudah menganut sistem HLA yang gak perlu ritual stel klep lagi
  • Mengatur waktu pengapian
  • Membersihkan filter udara (kalo elemen filter udara sudah tidak layak maka wajib diganti)
  • Membersihkan filter bensin (kalo filter bersin kotornya sudah parah maka wajib diganti)
  • Membersihkan throttle body
  • Membersihkan busi & mengukur ulang celah busi (kalo busi sudah gak layak maka wajib diganti)
  • Gantilah oli jika sudah hampir waktunya tiba ganti oli
Pemeriksaan kendaraan
Beberapa item yang perlu dilakukan untuk memeriksa kondisi kendaraan adalah
  • Radiator, periksa dengan seksama apakah ada kebocoran. Gantilah slang2 radiator jika sudah menunjukkan gejala retak2/getas.
  • Timing belt, segeralah ganti jika sudah waktunya ganti. Timing belt wajib diganti setiap 50rb km. Jangan sampe timing belt putus di jalan karena biaya perbaikannya mahal & perjalanan mudik anda bisa berantakan.
  • Cek ketinggian oli power steering & minyak rem.
  • Aki, jika masih menganut aki jenis konvensional (basah) cek ketinggian air aki.
  • Kampas rem, cek ketebalannya. Jika sudah tipis maka wajib diganti.
  • Ketebalan ban & tekanan angin, termasuk ban serep.
  • Pastikan semua lampu berfungsi dengan baik (lampu utama, sein, lampu rem)
  • Wiper, kalo karet wiper sudah jelek wajib diganti
Selain itu ada beberapa perkakas yang wajib di bawa seperti :

  • Dongkrak, kunci palang velg
  • Tool kit
  • Sekring dengan bervariasi ukuran yakni 5A, 10A, 15A, 20A
  • Senter
  • Segitiga pengaman

Operator Wajib Sosialisasi Larangan Penggunaan Ponsel Saat Berkendara




























Curhat sedikit ahh. :D
“Bulan puasa siang – siang gni siapa yang mau sms gue yak ?” Pikir penulis dalam hati tadi siang.Ehh panjang umur.Ga lama ada sms masuk.Bunyinya seperti ini : “Jangan gunakan perangkat telekomunikasi saat mengemudikan kendaraan karena dapat menyebabkan kecelakaan lalu lintas.”.Dan di akhir sms tertulis nama pengirim dari KEMENKOMINFO.Awalnya penulis berfikir mungkin ini sms langganan berbayar.

Tapi setelah baca berita dari internet sms tersebut adalah salah satu langkah sosialisasi dari operator telepon seluler mengenai larangan penggunaan ponsel saat berkendara berdasarkan surat Menteri Kominfo No.442/M.KOMINFO/07/2012 tanggal 30 Juli 2012 tentang “Sosialisasi Larangan Penggunaan Perangkat Telekomunikasi Saat Mengemudikan Kendaraan”.

Adapun langkah – langkah wajib yang kudu dilakukan operator telpon seluler adalah sebagai berikut :
1.    Pemasangan peringatan “Tidak berponsel saat berkendaraan” pada kemasan kartu perdana dan atau isi ulang layanan selular dan FWA.
2.    Pencantuman peringatan pada iklan luar ruang dan berbagai media massa.
3.    Edukasi kepada masyarakat dalam berbagai kegiatan program sosialisasi publik.
4.    Khusus menjelang Lebaran 2012, sekitar seminggu sebelumnya dilakukan pengiriman SMS secara broadcast atas nama KEMKOMINFO dengan pesan : Jangan gunakan perangkat telekomunikasi saat mengemudikan kendaraan karena dapat menyebabkan kecelakaan lalu lintas.
Sosialisasi tersebut dilakukan menjelang kegiatan mudik Lebaran 1 Syawal 1433 & selanjutnya harus dilakukan secara rutin terus menerus serta harus menyampaikan laporannya secara berkala kepada Kementerian Kominfo dan BRTI.

Senin, 06 Agustus 2012

Ketika Kamajuan Di Dunia KRL Di Ulas

 

Di Facebook ada teman yang ngirim artikel dari yahoo yang bercerita tentang kemajuan di dunia KRL (Kereta Listrik) bersama dengan sindiran yang mengena.Ketika penulis membacanya banyak sekali opini yang lucu – lucu mengenai suka – duka yang dirasakan si pembuat artikel ini mengenai kemajuan KRL belakangan ini.Terutama soal pemberlakuan single operation dan loop line yang hampir mendekati batas kesempurnaan (menurut operatornya).
Tapi dari artikel yahoo tersebut,intisari yang penulis dapat adalah keberadaan Commuter Line selain sebagai idola baru warga Jabotabek,ternyata juga sebagai salah satu wadah pertemuan yang nyaman bagi para autis (ooppsss...jangan tersinggung :D).Yaa liatin aja lah kelakuan penumpang di TKP.Aneh – aneh.Ada yg ngemper,ada yang bbman sambil nyengir – nyengir sendiri,dan masih banyak lagi.Pemandangan yang hampir tidak pernah ditemui sebelumnya di KRL.
Biasanya sikap autis mereka mulai terusik ketika jadwal KRL mulai berantakan dan kereta miring abis sampe ada yang nyangkut di bordes dan di atap sehingga pintu geser tidak dapat ditutup.
Jadi ya begitulah.Kalo di bilang tentang kamajuan apanya yang maju ya ?? Pembaca sendiri yang mampu menjawab.

Ngerasain Jalan Jauh Naik Motor

 

Semalem penulis iseng nyobain naik motor dari Depok ke Monas.perjalanan dimulai pas abis sholat tarawih.Kebetulan ada pengajian di sana.Pas berangkat sih ga masalah.Tapi ketika pulang nyampe rumah,beuhh.Capeknya.Badan rasanya kaya abis kerja berat.Penulis jadi mikir.Depok – Monas PP aja kaya gitu rasanya.Itu dalam 1 malam loh.Gimana yang tiap hari ya ??

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Safety Is The First | Copyright © 2011 Diseñado por: compartidisimo | Con la tecnología de: Blogger