Buscar

Sabtu, 12 November 2011

Rahasia Lampu Sein Flip Flop

Setelah sebelumnya penulis membahas fungsi dari lampu sein , kali ini penulis akan membahas tentang keunikan dari lampu sein flip flop.

Lampu sein flip flop adalah lampu sein yang dimodifikasi dengan mengintegrasikan arus listrik lampu kota dengan lampu sein.Sehingga jika lampu sein menyala , maka lampu kota akan ikut menyala.Dengan adanya flasher , maka lampu kota dan lampu sein akan menyala secara bergantian.Jika lampu kota menyala , maka lampu sein mati.Begitu juga sebaliknya.

Pada umumnya , media yang dihubungkan adalah lampu kota.Tetapi jika anda mau memberikan improvisasi , maka anda bisa menghubungkan dengan lampu tambahan.Seperti lampu kecil.Hal ini bisa anda lakukan di kendaraan beroda 2 mengingat kendaraan tersebut hanya mempunyai 1 lampu kota di belakang.

Langkah-langkahnya cukup mudah dan bahan yang diperlukan mudah didapat. Kita memerlukan piranti tambahan yaitu relay 5 kaki. Banyak dijual ditoko-toko onderdil mobil, merk yang banyak dipakai antara lain hella atau bosch.




Relay 5 kaki dengan berbagai macam merek



Di pasaran yang banyak beredar yaitu relay 4 kaki dan relay 5 kaki. Disini kita pakai yang 5 kaki karena relay ini ada 2 pilihan sistem kerja yaitu normally closed dan normally open. Kita pakai yang normally closed.
Berikut langkah-langkah kerjanya:
1. Siapkan peralatan seperti kabel secukupnya, isolasi, gunting, cutter, obeng dan peralatan pendukung lainnya

2. Buka rumah lampu belakang sisi kanan mobil anda (mau dipasang depan belakang juga bisa tapi kita bahas yang belakang saja, langkah langkahnya sama)
3. Setelah terbuka telusuri kabel-kabel yang menuju ke lampu kota dan lampu sein. (Pada beberapa mobil ada yang bohlam lampu kota menjadi satu dengan bohlam lampu rem, ada pula yang terpisah. Kita bahas yang bohlamnya jadi satu, langkah2nya sama dengan bohlam yang terpisah dengan lampu rem)4. Gambar berikut ini adalah wiring sebelum kita lakukan modifikasi :
5. Ambil relay 5 kaki dan hubungkan kabel ground lampu kota ke kaki nomor 30
6. Sambung dengan menggunakan kabel, kaki nomor 86 dengan kabel positip lampu sein.
7. Untuk kaki nomor 85 & 87a bisa disambung menjadi satu menggunakan kabel dan dihubungkan ke negatif / ground
8. Kaki nomor 87 tidak kita pakai
9. Pasang kembali rumah lampu belakang mobil anda, lakukan langkah yang sama untuk sisi kiri

Tambahan , Satu sisi rumah lampu memerlukan satu buah relay. Jadi kalau mau di flip-flop semuanya kita perlu 4 buah relay (2 buah di depan dan 2 buah dibelakang, sisi kiri dan kanan)

Langkah-langkah sudah selesai dilakukan, selanjutnya mari kita pelajari bagaimana relay ini bisa membuat lampu kota menyala / berkedip bergantian dengan lampu sein.

Saat switch lampu kota diposisikan on, arus listrik mengalir dari kabel positip lampu kota melalui filamen bohlam menuju ke kaki relay nomor 30. Karena kita pakai yang normally closed maka kaki nomor 30 terhubung dengan kaki nomor 87a dan arus listrik mengalir menuju ground. Akibatnya, bohlam lampu kota pun menyala. Lihat gambar berikut ini (garis warna orange)



Saat switch lampu sein diposisikan on, arus listrik mengalir melalui kabel positip lampu sein melewati filamen bohlam menuju ground dan lampu sein pun menyala. Disisi lain arus listrik dari kabel positip lampu sein mengerjakan relay. Kontak antara kaki 30 dan 87a pun terputus, akibatnya lampu kota akan mati. Jadi ketika bohlam lampu sein menyala, sekaligus mengerjakan relay untuk mematikan bohlam lampu kota. Lebih jelasnya lihat gambar berikut ini



Modifikasi telah dilakukan.Kini kendaraan anda siap bergaya dengan lampu sein flip flop.Selamat mencoba !!


Sumber :
-www.facebook.com/bismania




14 komentar:

Anonim

bagaimana dengan di sepeda motor gan tolong penjelasannya
trima kasih

Arief Ashadian

Bagaimana dengan mobil, saya ingin membuat mobil saya jika lampu rem menyala maka sein flip flop ikut menyala dengan dudukan atau tambahan lampu lain di luar lampu sein bawaan dari mobil. Akan saya tempatkan pada bumper mobil atau di kolong mobil.
Lampu tsb akan menyala seperti lampu Hazard jika lampu rem besar menyala namun saya masih bisa menyalakan lampu sein kiri dan kanan tanpa ada kendala dengan lampu sein flip flop.

Mohon penjelasannya dan sarannya.
Terima kasih.

Arief Ashadian
0813-103 9988 2

Unknown

kalo pake relay 4 kaki bisa ngak? terus kaki 87nya disambungin kemana?

wonktekok

flip flop tanpa relay ground sein langsung ke positif kota

Unknown

wontekok sein langsung ke positip kota maksudnya gimana gan...?
apa ikut negatif nya..?

Mercedes Tryder Marcopolo

itu yg bener pake flasher apa relay mas?? bukannya flasher sm relay itu beda... keterangan di paragraf 2 tertera dg bantuan "flasher"... tp di atas disarankan pake "relay"..

Rola Group

Mercedes Tryder Marcopolo@ maaf barang kali jawaban saya salah,relay adalah jenis rangkaian elektro yang berfungsi membuat aliran menjadi putus nyambung auto,sedang flasher adalah alat yg di gunakan pada mobil,dan di dalam flasher isinya hanyalah relay,intinya samaa mas bos. trimakasih,dan maaf jika jawaban saya salah,saya hanya pengunjung,kunjungi ya indopalet.com

adi

Bos mobil ane lampu hazardnya suka nyala dan mati sendiri pada saat parkir ataupun dipakai jalan kira" apanya yg rusak ya?

Unknown
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown

Sudah sy terapkan sesuai petunjuk di atas.. sdh sy cek 3 kali sesuai petunjuk.. tp msh blm bisa.. apa ini cuma buat di motor? Sy nerapin ini di mobil.

Unknown

Sudah sy terapkan sesuai petunjuk di atas.. sdh sy cek 3 kali sesuai petunjuk.. tp msh blm bisa.. apa ini cuma buat di motor? Sy nerapin ini di mobil.

Unknown

Poin yg no.7 ground yg dimaksud ground apa ya? Lampu kota apa sein?

Bima

Gausah pake relay jg bisa, negatif lampu senja dihubungkan dengan positif sein. Cara kerja : ketika sein mati maka lampu senja akan menyala karena negatifnya didapatkan atau terhubung dgn negatif sein, saat sein nyala maka positif sein akan aktif saat itu jg positif sein dgn positif senja bertemu yg menyebabkan lampu senja mati, intinya kabel negatif senja bawaan pabrik di cabut trus gabung/bypass ke kabel positif sein, ini berlaku buat motor atau mobil.

Unknown

Kira kira pengaruh negatifnya apa mas ,,, Kao langsung baypas gitu

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Safety Is The First | Copyright © 2011 Diseñado por: compartidisimo | Con la tecnología de: Blogger