Soal :
1.Apa yang dimaksud dengan perilaku konsumen ?
2.Mengapa perilaku konsumen perlu dikaji lebih mendalam
oleh sebuah perusahaan atau industry ?
3.Jelaskan pendekatan yang dapat digunakan dalam analisa
perilaku konsumen ?
4.Faktor apa yang menentukan perilaku konsumen ?
Jawaban:
1. Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika
seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta
pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan
2. Karena Untuk Mendesain bauran pemasaran kemudian
Mensegmen pasar bisnis terus Memposisikan dan mendeferensiasikan produk lalu
Melaksanakan analisis lingkungan serta Mengembangkan studi riset pasar
3. Terdapat tiga pendekatan utama dalam meneliti perilaku
konsumen.
Pendekatan pertama adalah pendekatan
interpretif.Pendekatan ini menggali secara mendalam perilaku konsumsi dan hal
yang mendasarinya.
Pendekatan kedua adalah pendekatan tradisional yang
didasari pada teori dan metode dari ilmu pisigologi kognitif, sosial,
dan behaviorial serta dari ilmu sosiologi. Pendekatan ini bertujuan
mengembangkan teori dan metode untuk menjelaskan perliku dan pembuatan
keputusan konsumen.
Pendekatan ketiga disebut sebagai sains marketing yang
didasari pada teori dan metode dari ilmu ekonomi dan statitiska.Pendekatan
ini dilakukan dengan mengembangkan dan menguji coba model matematika berdasarkan
hirarki kebutuhan manusia
4. a. Faktor Sosial : Grup,Pengaruh Keluarga,Peran dan
Status.
b. Faktor Personal : Situasi Ekonomi,Gaya
Hidup,Kepribadian dan Konsep Diri,Umur dan Siklus Hidup,Pekerjaan.
c. Faktor Psikologi :
Motivasi,Persepsi,Pembelajaran,Beliefs and Attitude.
d. Faktor Kebudayaan : Subkultur dan Kelas Sosial.
5. Sebaiknya konsumen tidak mudah terpengaruh atas
keinginan sesaat, telitilah sebelum membeli, apakah barang yang akan kita beli
itu termasuk kebutuhan atau hanya keinginan dan apakah dapat bermanfaat untuk
kita. Selain itu kurangi pembelian barang yang kurang perlu untuk mengurangi
pengeluaran dan mencegah kita menjadi konsumen yang konsumtif.
0 komentar: