Soal :
1. Apa yang dimaksud dengan
pasar ?
2. Jelaskan jenis dari pasar ?
3. Apa yang dimaksud dengan pasar
persaingan sempurna ?
4. Bagaimana cara memaksimalkan
keuntungan dalam pasar persaingan sempurna ?
5. Sebutkan kebaikan dan kelemahan
dari pasar persaingan sempurna ?
Jawab
:
1. Pasar dapat
diartikan suatu tempat atau interaksi antara pembeli dan penjual dari suatu
barang / jasa tertentu, sehingga akhirnya dapat menetapkan harga
keseimbangan (harga pasar) dan jumlah yang di perdagangkan. Aktivitas usaha
yang dilakukan di pasar pada dasarnya melibatkan dua subyek pokok, yaitu
produsen dan konsumen. Kedua subyek tersebut masing-masing mempunyai peranan
yang sangat besar terhadap pembentukan harga barang di pasar.
2. Jenis pasar
v menurut bentuk kegiatannya :
a. Pasar nyata adalah pasar dimana barang-barang yang
akan diperjual belikan dan dapat dibeli oleh pembeli. Contoh pasar tradisional
dan pasar swalayan.
b. Pasar abstrak adalah pasar dimana para pedagangnya
tidak menawar barang-barang yang akan dijual dan tidak membeli secara langsung
tetapi hanya dengan menggunakan surat dagangannya saja. Contoh pasar online,
pasar saham, pasar modal dan pasar valuta asing.
v Jenis pasar menurut cara transaksinya
a. Pasar tradisional adalah pasar yang bersifat
tradisional dimana para penjual dan pembeli dapat mengadakan tawar menawar
secar langsung. Barang-barang yang diperjual belikan adalah barang yang berupa
barang kebutuhan pokok.
b. Pasar Modern adalah pasar yang bersifat modern dimana
barang-barang diperjual belikan dengan harga pas dan denganm layanan sendiri.
Tempat berlangsungnya pasar ini adalah di mal, plaza, dan tempat-tempat modern
lainnya.
v Jenis – Jenis Pasar menurut keleluasaan
distribusi.
a. Pasar Lokal
b. Pasar Daerah
c. Pasar Nasional
d. Pasar Internasional
3. pasar persaingan sempurna
adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dengan penawaran di mana jumlah
pembeli dan penjual sedemikian rupa banyaknya atau tidak terbatas. Harga
terbentuk melalui mekanisme pasar dan hasil interaksi antara penawaran dan permintaan
sehingga penjual dan pembeli di pasar ini tidak dapat mempengaruhi harga dan
hanya berperan sebagai penerima harga . Barang dan jasa yang dijual di pasar
ini bersifat homogen,dan tidak dapat di bedakan.
4. Cara memaksimalkan keuntungan
dalam pasar persaingan sempurna adlah dengan cara memberikan harga yang lebih
murah tetapi tidak membanting harga sehingga tidak merusak harga pasar dengan
kualitas yang baik.
5. Kebaikan pasar persainngan
sempurna :
v Tidak tampak kegiatan saling menyaingi
antarpenjual.
v Penjual tidak mungkin mengadakan persaingan
harga dengan maksud merebut pasar karena harga pasar adalah suatu yang harus
diterima masing-masing produsen.
v Barang yang ditawarkan penjual akan laku
berapa pun jumlahnya tanpa mengalami penurunan harga.
v Tidak mungkin mengubah bentuk barang untuk
merebut pasar karena adanya homogenitas barang.
v Informasi tentang pasar telah diketahui oleh
saingan usaha dan usaha untuk menyaingi perusahaan lainnya juga tidak
menghasilkan apa-apa karena jumlah saingan sangat tidak terbatas.
v Konsumen tidak perlu beradu tegang tentang
tawar-menawar harga barang karena harga tidak dapat dipengaruhi oleh siapa pun.
Kelemahan pasar persaingan sempurna :
v Pasar persaingan sempurna sulit dijumpai
v Adanya kemajuan ilmu pengetahuan dan
teknologi dan informasi menyebabkan kemajuan dalam kualitas dan kuantitas serta
jenis yang memaksa adanya persaingan produk antarprodusen.
v Keuntungan maksimum yang diperoleh pedagang
sudah dapat diprediksi sejak awal karena harga tidak dapat dipengaruhi oleh
pedagang.
v Pasar gelap (black market) dapat muncul
sewaktu-waktu.
0 komentar: