Perilaku konsumen adalah aktivitas yang dilakukan
konsumen dalam melakukan pembelian.Perilaku konsumen inilah yang mendasari konsumen
untuk membuat keputusan konsumen.Biasanya ditinjau dari harga,kualitas dan
keseuaian dengan kebutuhan konsumen dengan barang yang akan di beli.
Komunikasi
dan Perilaku Konsumen
Komunikasi menjadi alat yang digunakan oleh para pemasar
untuk menarik minat konsumen. Komunikasi terdiri dari
beberapa aspek diantaranya dapat berbentuk variable, visual atau kombinasi
keduannya. Komunikasi juga dapat merupakan symbol dan menyampaikan arti khusus
yang ingin ditanamkan oleh pemasar.
Komponen Komunikasi
Komponen Komunikasi
1.Pengirim yaitu pengirim sebagai pemrakarsa komunikasi,
dapat merupakan sumber formal maupun informal. Sumber komunikasi formal mungkin
berupa organisasi untuk memperoleh laba maupun nirlaba. Sumber informal mungkin
orang tua atau temen yang memberikan informasi atau nasihat mengenai produk.
2.Penerima yaitu komunikasi pemasaran formal cenderung
menjadi calon atau pelanggan yang dibidik. Audien perantara dan yang tidak
diharapkan juga mungkin menerima komunikasi para pemasar. Contohnya grosir,
distributor dan pedagang ritel yang menerima iklan perdagagangan pemasar yang
dimaksudkan untuk membujuk mereka agar mau memesan dan mengadakan persediaan
barang dagangan.
3.Medium yaitu saluran komunikasi mungkin impersonal atau
interpersonal
4.Pesan yaitu bersifat verbal, nonverbal atau kombinasi
keduanya. Pesan verbal biasanya dapat mencakup informasi produk atau jasanya
yang lebih spesifik daripada pesan nonverbal. Pesan verbal yang digabungkan
dengan pesan nonverbal sering memberikan lebih banyak informasi kepada penerima
daripada salah satu diantara keduanya.
5.Umpan Balik yaitu komponen yang sangat diperlukan dalam
komunikasi interpersonal dan impersonal. Umpan balik yang cepat waktunya
memungkinkan pengirim untuk memperkuat, mengubah atau memodifikasi pesan untuk
menjamin agar dapat dimengerti sesuai dengan yang dimaksudkan.
0 komentar: