Buscar

Minggu, 21 Agustus 2011

Dua Jalur Alternatif Jadi Tumpuan

BREBES - Dua jalur alternatif akan dijadikan tumpuan utama, guna mengatasi kemacetan yang terjadi di jalur pantura Kabupaten Brebes. Kedua jalur alternatif itu, ruas Bojongsari-Kersana-Ketanggungan dan Ketanggungan-Jatibarang-Slawi (Kab Tegal).
"Dua jalur alternatif ini sudah kami siapkan. Ini untuk mengatasi bila terjadi kemacetan di jalur pantura. Bahkan, untuk Bojongsar-Kersana-Ketanggungan, bisa diambil dari Kanci (Cirebon)," ujar Kapolres Brebes AKBP Kif Aminanto, disela-sela pengecekan Pos Pengamanan Lebaran, kemarin (21/8).
Dia menjelaskan, ruas alternatif Ketanggungan-Jatibarang-Slawi disiapkan untuk kendaraan pemudik yang masuk wilayah Jateng melalui tol Kanci-Pejagan. Sebab, kendaraan pemudik dari arah Jakarta yang keluar pintu tol akan diarahkan ke  kanan melalui jalur alternatif tersebut.
Begitu juga bagi kendaraan pemudik dari Jakatara yang akan menuju ke Purwokerto, juga diarahkan ambil kanan melalui Ketanggungan-Prupuk (Klonegan).
"Ini untuk mengantisipasi terjadinya krodit di simpang tiga Pejagan. Di mana, di situ ada lintasan kereta api," terangnya.
Di samping dua jalur alternatif itu, lanjut dia, jajarannya juga menyiapkan jalur alternatif di ruas Ciregol, Desa Kutamendala, Kecamatan Tonjong. Itu dilakukan bila kondisi terburuk terjadi di Ciregol. Sebab, titik tersebut sangat rawan longsor.
"Saat ini kondisi ruas itu masih bagus, tetapi kami tetap mengantisipasi dengan jalur alternatif," sambungnya.
Kasat Lantas Polres Brebes, AKP Ardianto menambahkan, di ruas Ciregol juga disiagakan dua alat berat dan sejumlah material. Hal itu guna mengantisipasi kondisi terburuk di Ciregol.
"Alat berat kini sudah disiapkan, termasuk materialnya,” kata dia.
Dia mengungkapkan, guna membantu pemantauan titik rawan macet, Polres Brebes kini telah memasang sedikitnya enam unit kamera pemantau.
Enam unit kamera itu dipasang titik rawan macet di jalur pantura, tengah dan selatan. Bahkan, pemudik juga bisa memantau langsung kondisi lalu lintas di titik itu dengan mengakses melalui internet. Yakni, di situs www.bigman5758dfm.com.
"Enam kamera itu di antaranya dipasang di Alun-alun Brebes, Simpang tiga Pejagan dan Perbatasan Jateng-Jabar di Cisanggarung, pintu keluar tol Kanci-Pejagan dan Kecamatan Ketanggungan. Sementara, di jalur selatan di Pasar Bumiayu," paparnya.

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Safety Is The First | Copyright © 2011 Diseñado por: compartidisimo | Con la tecnología de: Blogger