Buscar

Minggu, 18 September 2011

4 varian mesin terbaru Mercedes - Benz

Sekarang ini banyak dibicarakan tentang gebrakan baru dari Mercedes - Benz.Dari isu yang Mercedes - Benz akan mengeluarkan 2 varian tambahan mesin.Yaitu OH 1626 dan OH 830 yang mengunggulkan kenyamanan setelah sebelumnya pada 2010 lalu keluar type OH 1526 yang mengunggulkan tenaga yang besar dan OH1521 XBC yang mengunggulkan keiritan

Peluncuran empat tipe chassis dalam dua tahun terakhir adalah bagian dari rencana Mercedes-Benz untuk merespon keinginan masyarakat. Tidak hanya untuk pemilik PO bus namun juga penumpang bus sebagai end user. Dalam empat tahun terakhir, ada perkembangan yang cukup dinamis dari dunia usaha transportasi bus. Selain berbagai tipe dan merk hadir di Indonesia, kebutuhan dan tuntutan masyarakat pengguna bus semakin tinggi.

Di tahun 1980 dan 1990-an, masyarakat masih memilih bus bersuspensi leafspring sebagai sarana transportasinya. Penjajakan Mercedes-Benz untuk bus bersuspensi udara, di tahun 1990-an, menunjukkan respon yang minim, baik dari sisi pengusaha maupun penumpang. Kini, seiring dengan pembangunan infrastruktur jalan yang berkembang pesat, tuntutan akan kenyamanan pun bertambah.

Tak ingin ketinggalan dalam memenuhi keinginan pelanggannya yang 30 tahun lebih setia menggunakan bus Mercedes-Benz, PT MB Indonesia meresponnya dengan cepat. Karena itu tahun 2011 Mercedes-Benz menurunkan produk terbaru mereka yang mengedepankan kenyamanan sebagai andalan. OH-1626 dan OH-1830 hadir dengan fitur andalan suspensi udara yang dimiliki sejak lahir dari pabriknya dan spaceframe. Selain fitur yang menjamin kenyamanan dengan suspensi udara, fitur spaceframe memungkinkan bus memiliki bagasi yang luas.

Sebagai salah satu pelopor di Indonesia, Mercedes-Benz ingin menghadirkan produk yang terbaik. Dari sisi mesin, OH-1626 sama dengan OH-1526 yang bertenaga 260HP, sedangkan OH-1830 menghadirkan mesin OM926LA Euro III bertenaga 300HP


Kehadiran fitur suspensi udara yang built in ini juga untuk merespon banyaknya permintaan dari PO bus. Sebab, bus-bus bersuspensi udara yang dimiliki beberapa PO bus adalah hasil rakitan diluar Mercedes-Benz.

Teknologi untuk membangun chassis berbasis spaceframe pun lebih maju dibandingkan dengan chassis ladderframe seperti pada produk sebelumnya.Pada chassis spaceframe yang dikenal dengan monocoque ,bodi bus dibuat langsung tanpa ada ‘dudukan’ chassis dibawahnya. Mirip dengan membangun bodi mobil, yang langsung ditempel mesin dan ‘kaki-kaki’. Untuk itu, kata dia, PT. MB Indonesia memberikan sertifikat standar pembuatan bodi bus pada beberapa karoseri pada tahun 2010. Dengan standar itu diharpkan karoseri-karoseri Indonesia mampu membuat bodi bus yang aman dengan basis spaceframe.


Sementara, dua tipe yang diluncurkan tahun 2010, OH-1526 dan OH-1521 XBC,dihadirkan untuk memenuhi pangsa pasar bus menengah. Meski menggunakan tipe mesin OM906LA untuk OH-1526 dan mesin OM924LA untuk OH-1521 XBC yang sama-sama berstandar Euro III, spesifikasi ‘kaki-kaki’ masih seperti pendahulunya, yakni leafspring. Pada OH-1521/60 bermesin OM366LA yang diproduksi tahun 1990-an dan OH-1525 bermesin OM906LA Euro II yang diproduksi tahun 2000-an yang masih menggunakan leafspring cukup laris dipasaran.

Basis leafspring untuk peredam kejut dua tipe bus ini ditujukan untuk daerah-daerah tertentu berkontur pegunungan yang banyak tikungan maupun jalan menanjak dan menurun.

Tahun 2011 ini, PT Mercedes-Benz Indonesia menargetkan penjualan, hingga 1200 unit. Tahun 2010, penjualan bus Mercedes-Benz mencapai 786 unit. Rencananya, PT. Mercedes-Benz Indonesia akan meluncurkan produk terbaru mereka dalam waktu dekat. Dari penelusuran haltebus.com, sedikitnya 40 unit bus OH-1626 dalam proses pembuatan di sebuah karoseri di Jawa, dan untuk OH-1830 baru satu unit chassis yang datang dari pusat produksi bus Mercedes-Benz di Brazil.

Peningkatan jumlah bus yang terjual dalam setahun mulai terjadi pada tahun 2010. Serapan pasar bus Indonesia meningkat drastis dari 917 unit penjualan seluruh merk bus di tahun 2009, menjadi 1.471 unit atau naik 60 persen di tahun 2010. Mercedes-Benz sendiri berhasil membukukan angka penjualan 786 unit. Angka ini cukup melonjak drastis mengingat pada 2009 Mercedes-Benz hanya menjual 462 unit bus atau naik sekitar 70 persen.

Berikut ini penulis tampilkan spesifikasi 2 varian mesin baru dar Mercedes - Benz :

Spesifikasi Teknis OH-1626 dan OH-1830
Sumber : PT. Mercedes-Benz Indonesia

OH-1830
*Engine         : OM926LA Euro III
*Type           : 6 Cylinder in line
*Power max   : 300 hp/2200rpm
*Torque max  : 1200nm/1400rpm
*Dispacement : 7201cm3
*Transmission  : ZF S6-1550 6 speed manual
*Suspension   : air suspension
*Steering       : ZF 8098
*Tyres           : 8.25 x 22.5

OH-1626
*Engine         : OM906LA Euro III
*Type           : 6 Cylinder in line
*Power max   : 260 hp/2200rpm
*Torque max  : 950 Nm @ 1200-1600 rpm
*Dispacement : 6374 cm3
*Transmission  : G85 6 speed manual
*Suspension    : air suspension
*Steering        : ZF 8097
*Tyres : 8.25 x 22.5




 Sumber :
-http://www.haltebus.com/detail102.html

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Safety Is The First | Copyright © 2011 Diseñado por: compartidisimo | Con la tecnología de: Blogger