Buscar

Jumat, 23 Desember 2011

Navystar Bus , Legenda Dari Negri Paman Sam Dan Matahari Terbit

Apa yang anda ketahui tentang bis Built Up dari luar negri yang ada di Indonesia ? Jika pertanyaan itu di berikan ke kita,mungkin yanglangsung terlintas di pikiran kita adalah Superior atau Bantengnya PPD.Atau yang terbaru.Scania K380i Irizar.

Namun selain bis tersebut , hadir pula bus Built Up yang mewarnai dunia transportasi di Indonesia.Namanya International Navystar.Saat ini bus yang striping bodynya mirip dengan body School Bus di Amerika ini dimiliki Universitas Advent Indonesia (UNAI) Bandung.

Bis yang pernah dipakai oleh tentara Amerika untuk ditugaskan di Jepang ini didapatkan pihak UNAI Bandung dengan status Hibah dari seorang pejabat di Amerika untuk memenuhi kebutuhan operasional antar – jemput perawat.

Awalnya , direncanakan bis ini dihibahkan sebanyak 4 unit.Namun karna ada masalah , bis ini hanya bisa di hibahkan sebanyak 2 unit.

Dari kedua bis ini , liverynya ada yang berwarna putih dan hitam.Untuk bis yang berwarna hitam ini pada awalnya liverynya sama dengan bis yang berwarna putih.Namun karna di BPKB dan STNK tertulis liverynya berwarna hitam , maka pihak UNAI mengganti cat bis itu dengan warna hitam dengan alasan terlalu susah mengurus surat suratnya.

Semenjak beroperasi mulai tahun 1990an , tidak banyak yang berubah dari kondisi fisik bis ini.Kecuali beberapa bagian.Seperti AC yang sudah mati karna radiatornya keropos dan tidak dapat dipertahankan lagi , dan sistem rem yang diganti dengan rem cangkokan keluaran pabrikan Mercy.

Sempat timbul niat dari pihak UNAI untuk menjual bis ini karna seiring berjalanya waktu , bis ini mulai mengalami kerusakan di beberapa elemen penting , sedangkan spare part sudah sulit di cari.Namun karna alasan bis ini sudah menjadi sejarah , terutama dalam perjalanan karir UNAI bandung , bis ini tetap di pertahankan.

Kini bis ini sudah dipensiunkan dari operasionalnya dan menetap di garasi UNAI Bandung.Hanya pada acara tertentu bis ini beroperasi.Seperti pada bulan April lalu.Saat bis ini dipamerkan dalam ranga touring dan Road Test bis Mercedes-Benz OH 1525 milik OBL bersama Bismania Community Bandung.Dalam acara itu , turut hadir juga penulis bersama rekan – rekan.

Berikut ini penulis tampilkan foto dokumentasi dan spesifikasi bisnya.














Spesifikasi :

* Kapasitas mesin : 6000 cc + turbo
* Power : 170 Hp
* Transmisi : Otomatis
* Karoseri : Navystar,USA
* Sistem Pengereman : Tromol
*Bahan Bakar : Solar

Sumber :
-www.facebook.com/bismania

1 komentar:

Unknown

Skg salah satu bis nya ada di lampung

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Safety Is The First | Copyright © 2011 Diseñado por: compartidisimo | Con la tecnología de: Blogger