Buscar

Jumat, 06 Januari 2012

Mobil Esemka Rajawali,Siap Menggebrak Industri Mobil Dengan Tangan Anak SMK

Mobil adalah salah satu barang mewah yang keberadaanya hanya dimiliki oleh orang – orang yang memiliki uang.Itulah alasanya.Mobil adalah symbol yang menggambarkan kesejahteraan pemiliknya.Semakin mewah mobilnya,maka semakin tinggi status seseorang.Menanggapi hal itu banyak perusahaan produsen mobilberlomba – membuat prototype mobil berbagai macam.Mulai dari yang simple class sampai yang luxury coach.

Tetapi selain Mobil Timor,kebaradaan mobil di Indonesia ini masih di Dominasi label luar.Baik itu yang built up luar negri ataupun yang lisensi.Seperti Jepang,Korea,USA,Eropa,dll dengan berbagai macam model dan spesifikasi.Belum ada perusahaan asli milik Indonesia.

Belakangan seorang walikota Solo,Joko Widodo,mulai terkenal.Bukan karna jabatanya.Tapi karna mobilnya yang unik dan diperkenalkan beberapa waktu lalu.Sekilas terlihat biasa.Tapi jika di lihat lebih jauh,dari striping body samping tertulis nama ‘Esemka Rajawali’.Wooow….!! Mobil apa itu ya ??

Itu adalah mobil terbaru hasil karya anak – anak dari gabungan 5 sekolah SMK di Jawa Tengah dan Jawa Timur yang bekerja sama dengan bengkel Kiat Motor Klaten.

Dalam pembuatan prototypenya,mobil ini berkiblat pada design prototype mobil Esemka Rajawali generasi pertama jahitan Mobil Timor yang kemudian di kembangkan dan dikerjakan hingga rampung 80%.Sisanya dikerjakan pihak KIA Motors.Namun anehnya pihak KIA sendiri tidak mengetahui proyekmobil tersebut.Hasilnya bisa di tebak.Mobil Esemka Rajawali memiliki fitur dan accesoris yang tidak kalah bagus dengan mobil – mobil five star class buatan luar negri meskipun banyak mendapat kritikan.

Sepertinya walikota Solo itu tampak serius.Dia berencana akan menggandeng proton,produsen mobil asal Malaysia untuk mengembangkan mobil ini.

Sepertinya mobil ini mulai mendapatkan perhatian masyarakat.Terbukti dengan meningkatnya jumlah permintaan hingga 2000 unit dari berbagai kalangan.

Hingga kini merk mobil Esemka Rajawali dipegang oleh agen tunggal pemegang merek (ATPM) yaitu PT Solo Manufaktur Kreasi.Ada tiga varian mobil yang ditawarkan.Pick Up Double Cabin,Pick Up Single Cabin dan SUV.Rencananya mobil ini akan dilepas di pasaran dan di bandrol seikitar 90 juta untuk type Pick Up dan sekitar 120 juta untuk type SUV.

Nah berikut ini spesifikasi dan gambarnya :


Mobil Mewah Esemka Solo






Panjang : 5.035 mm
      Lebar : 1.690 mm
Tinggi : 1.630 mm
Bahan Bakar : Bensin
kapasitas Mesin : 1.500 cc SOHC 4 silinder + multi point injection
Transmisi : 6 (1-2-3-4-5-R)
Max Speed : 180 Km/jam
Max. Output : 105HP / 5.500 rpm
Max Torque : 145 Nm / 4.100 RPM
Power Stearing
Central Lock System
Power Windows
Parking Censor
Air Conditioner Dual Zone
Audio System + CD
Daya Tampung 7 Penumpang + Supir

Penulis berharap mobil ini tidak hanya di perkenalkan oleh walikota Solo.Tapi juga di event bergengsi seperti IIMS (Indonesia International Motor Show) dan IIBT (Indonesia International Bus and Truck).Atau setidaknya mendapat apresiasi pemerintah seperti Komodo PT.AAi dan Ibobus PT.INKA.

Jadi,bagaimana menurut anda ? Berminat ??

Sumber :
-http://www.poztmo.com/2012/01/mobil-esemka-rajawali.html
-http://sumbercara.blogspot.com/2012/01/mobil-esemka-belum-memenuhi-syarat.html

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Safety Is The First | Copyright © 2011 Diseñado por: compartidisimo | Con la tecnología de: Blogger