Buscar

Rabu, 04 Januari 2012

KRDE (Kereta Rel Diesel Elektrik)

KRDE (Kereta Rel Diesel Elektrik) merupakan salah satu jenis MRT (Mass Rapid Transit) yang mengkombinasikan mesin diesel dengan teknologi yang di pakai pada KRL (Kereta Rel Listrik) dalam pengoperasianya.

Pada KRDE,mesin diesel berfungsi sebagai pembangkit tenaga listrik. Energi listrik yang dihasilkan diolah lagi padaVVVF (variable voltage variable frequency) inverter, yaitu suatu rangkaian yang dapat mengubah frekuensi dan tegangan listrik, yang digunakan sebagai kontrol motor induksi. Selanjutnya, output  tegangan yang dihasilkan dialirkan ke traction motor (TM) yang ada pada roda. satu TM hanya menggerakan satu roda - jadi dalam satu railcar terdapat empat TM.

Jumlah TM yang ada pada satu set KRDE tergantung dari besarnya daya listrik yang dihasilkan generator. keuntungan dari sistem ini antara lain mesin diesel yang terpusat, getaran yang dihasilkan cukup kecil, tidak begitu bising, dan tarikan (akselerasi) lebih besar (3,7 m/s2).

Dalam aplikasinya,KRD ini menggunakan 5 rangkaian kereta dalam 1 set.Kelima rangkaian keretatersebut terdiri atas 1 unit kereta mesin diesel,1 unit kereta ko-trailer, 2unit kabin trailer dan 1 unit trailer ditambah kabin masinis. Pada kondisi beban normal 1 set KRDE dapat mengangkut total penumpang duduk dan berdiri sebanyak 920 orang. KRDE ini diberi kode KDE-3, yang berarti KRDE kelas ekonomi.

Di Indonesia,teknologi KRDE ini di terapkan pada rangkaian kereta Prambanan Ekspres yang melayani trayek Yogyakarta - Solo dan rangkaian kereta Rencang Geulis yang melayani trayek Padalarang – Cibatu.Keduanya merupakan armada Eks KRL BN-Holec yang dimodifikasi.Yang lainya adalah rangkaian kereta Arek Surokerto yang melayani trayek Surabaya –Mojokerto yang merupakan armada Eks KRL ABB Hyundai yang dimodifikasi.

Ketiga jenis rangkaian kereta itu dimodifikasi dengan dipasangkan mesin diesel Cummins type QSK45 yang menghasilkan daya 1380 KW atau sekitar 1500 HP buatan USA.

Berikut ini adalah gambar beberapa produk KRDE buatan INKA yang sudah beroperasi :




Rencang Geulis





Prambanan ekspres






Sumber :
-http://rednblueloco.wordpress.com/2009/10/04/hunting-lok-merah-di-daop-ix/arek-surokerto-dan-penjaganya/
-http://www.facebook.com/railfans24?ref=ts
-http://www.facebook.com/pages/Kereta-Api-Prambanan-Express-Pramex/153211443542
-http://www.facebook.com/groups/edansepur.id/

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Safety Is The First | Copyright © 2011 Diseñado por: compartidisimo | Con la tecnología de: Blogger