Buscar

Selasa, 03 Januari 2012

Nippon Bus From Japan

Ternyata bukan hanya kereta built up Jepang yang hadir mewarnai dunia Transportasi di Indonesia.Bis dan truk pun juga ada.Namun kali ini penulis hanya ingin membahas tentang bus saja.Sebenarnya sulit bagi penulis melacak bus asli Jepang ini.Sejauh ini hanya sedikit keterangan yang di himpun.Tapi kita coba membahas lebih jauh.

Sekitar lebih dari 4 tahun lalu hadir banyak sekali bus built up dari Jepang.Bus yang hadir dengan status hibah ini adalah Eks bus kota di beberapa daerah di Jepang.Penulis memperkirakan bis ini sengaja di berhentikan operasionalnya mengingat hingga saat ini di Jepang tengah di pasarkan bus kota dengan spesifikasi yang sangat ramah dengan lingkungan.Diantaranya hybrid Bus dan Panel Bus.

Semenjak kedatanganya di Jakarta,banyak PO yang menggunakan bis tersebut.Diantaranya Steady Saffe,PPD dan Kemenhan.Mesinya pun variatif.Mulai dari Mitsubishi,sampai Hino seri Nobita.

Pada awalnya bis – bis ini terbilang layak kondisinya.Namun seiring berjalanya waktu,bis ini mulai terlihat usang karna tidak terawat.Bahkan banyak bis dari operator PPD dan Steady Saffe yang di cabut izin trayeknya.Hanya beberapa bis milik kemenham dan PO Agra Mas trayek Tanggerang – Cikarang yang masih bisa di selamatkan dan mempunyai kondisi yang layak.Itupun sebagian sudah dimake over pada bagian depanya oleh karoseri Rahayu Santosa.

Ciri – ciri bus ini cukup mudah di kenali.Dimulai dari striping semua bagian yang sangat khas dengan ciri bis ala negri sakura.Dimulai dari bagian lantai bis dari depan sampai buritan yang low decker.Untuk bagian samping,bagian kaca sangat persis mirip KRL Commuter Line seri Toei 6000.Sementara semua pintu menggunakan sistim pintu pneumatic yang mipip dengan sistem yang digunakan pada Transjakarta.

Soal performa,Agustus lalu penulis pernah berkesempatan menjajal bis ini dari PO Agra Mas.Terlihat dari interior sepertinya pada konfigurasi seatnya di rubah total menjadi seperti bus patas pada umumnya.Yaitu 3-2 dengan 10 baris dan kandang macan.Karna format seat ini cenderung berbeda pada bis yang dimiliki PO PPD.Yaitu 1-1 pada bagian depan dan tengah.Sedangkan untuk bagian tengah hingga ke belakang format seat melintang plus kandang macan pada bagian belakang seperti pada KRL eks Jepang.

Untuk PO Agra Mas,bis ini melewati gerbang tol cibitung menuju Jakarta dan masuk tol Cikunir ke arah Tanggerang.Selama perjalanan terlihat sekali bis ini dirawat.Karna tercium aroma wangi dari dalam bis.Sedangkan mesinya,meskipun kedengaran sedikit kasar,bis ini hanya mampu berlari 90km/j saja.Entah mengapa driver tidak memacu lebih jauh.Sepertinya kemampuan bis ini terbatas.Terbukti dengan berlari segitu saja,bis sudah melayang.

Yang unik menurut penulis adalah dashboard dan kokpitnya.Designya sangat berbeda dengan design kokpit di Indonesia.Terlihat beberapa bagian masih berlabel tulisan bahasa Jepang.Sementara d bagian atas diberikan sebuah TV.Sedangkan tongkat transmisinya wooow……!!!! Sangat kecil.Terkesan imut.Mirip dengan tongkat transmisi pada Daihatsu Grand Max.

Nih dokumentasinya biar ga pada penasaran :





PPD P 45 Eks Meitetsu





Agra Mas , bagian depan di rombak dengan model Celcius





Sampingnya,Lagi stabiling di PGC






Jeroanya





PPD Eks Kanachu

Sumber :
-http://www.facebook.com/fajar.suciono
-http://www.facebook.com/railfans24

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Safety Is The First | Copyright © 2011 Diseñado por: compartidisimo | Con la tecnología de: Blogger