Buscar

Selasa, 03 Januari 2012

Welcome Back To Euroliner

Tahun 2012 ini mulai d rasakan aroma persaingan yang semakin ketat antar karoseri di Indonesia.Banyak bermunculan prototype body yang innovatif dan beragam lahir di pabrik karoseri.baik itu karoseri ternama atau hanya sekedar karoseri biasa.

Begitu juga dengan pabrik karoseri asal Wanaherang,Bogor,Rahayu Santosa.Untuk menghadapi persaingan yang semakin sengit,pabrikan karoseri ini telah meluncurkan beberapa prototype body baru.

Namun ada salah satu prorotype body yang unik dari Rahayu Santosa.Dia adalah Euroliner. Terutama untuk karoseri ini.Karna pada dekade 90an,Rahayu Santosa pernah mengeluarkan body ini sebelumnya.Kala itu,body ini pernah menjadi icon kebanggaan produk dari Rahayu Santosa karna menjadi pelopor prototype body dengan selendang di sisi kiri dan kanan dan laris manis di pasaran.

Kini setelah unjuk gigi dengan New Celcius,karoseri asal Bogor ini melahirkan kembali body yang pernah Berjaya di era 90an ini.Namun kira – kira seperti apa ya tampilan prototypenya ?Yuk..kita bahas.

Dimulai dari kaca bagian samping.Di situ terlihat lebih lebar.Sehinnga mengharuskan perubahan konstruksi di sisi lambung dan penyangga atap.Memang jika terlihat sepintas,tidak terlalu banyak perubahan sgnifikan.Namun konstuksi diperkokoh agar mampu menyangga lebar kaca yang mencapai 100cm. Begitu pula dengan kaca depan yang lebih tinggi, yang baru pertama kali diaplikasikan pada desain bus RS.

Desain yang dibuat RS sejak 2008 sudah memperhatikan kesetimbangan titik pusat gravitasi badan bus dan kesetimbangan berat badan bus dengan chassis. Karena itu, desain yang mereka buat tidak hanya mempertimbangkan estetika, tetapi juga keamanan dan keselamatan.

Saat pertama kali melihat bus ini,mungkin kita bisa menilai body bus ini terkesan gagah,besar dan kokoh.Kesan ini ditimbulkan d bagian muka dan buritan.Dimana pada bagian muka di pasang lampu depan yang besar dan pada bagian buritan dipasang lampu belakang yang mennegembung,serta panjang dan lebar.Mirip sekali dengan pendahulunya.Sementara dari sisi samping,tidak jauh berbeda dengan pendahulunya.Yaitu Evolution dan New Celcius.Hanya saja pada bagian kaca terlihat lebih lebar.

Lanjut ke bagian interior.Di bagian ini kebin terlihat lebih simple,namun memberi kesan lebih bersih dan elegan.Kaca yang didesign lebih lebar memberikan pandangan yang lebih leluasa pada penumpang.

Hingga saat ini hanya ada tiga operator yang mendapat kesempatan pertama menggunakan model terbaru ini. Dua unit untuk operator bus yang beroperasi di Sumatera, satu unit untuk operator bus di Jawa dan satu unit lainnya untuk operator bus di Bali. Ketiganya digunakan untuk bus wisata

Naah.Biar ga penasaran nih ada foto untuk lebih mempertegas seperti apa sih Euroliner ??




Euroliner Dekade 90an







Euroliner 2012 bagian depan






Euroliner 2012 bagian buritan


So,bagaimana menurut anda dengan kelahiran generasi kedua Euroliner ? Yang jelas penulis  mengucapkan “Welcome Back To Euroliner,Selamat Datang Kembali Di Dunia Transportasi Indonesia”.


Sumber :
-http://www.facebook.com/bardy.cinta.lestari
-www.facebook.com/bismania
-http://haltebus.com/detail143.html
-http://www.facebook.com/groups/gm.mania

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Safety Is The First | Copyright © 2011 Diseñado por: compartidisimo | Con la tecnología de: Blogger