Buscar

Selasa, 03 Januari 2012

2011 Transportasi Di Jakarta Masih Memprihatinkan

Jakarta macet…..?? Basi kali ya.hehehehe…:D.Rasanya bosan membahas kemacetan di Jakarta yang terus berulang - ulang.Beberapa hari lalu penulis sempat mengunjungi beberapa forum yang membahas mengenai transportasi.Rata – rata tanggapan mereka sama.Tahun 2011 transportasi massal masih jauh dari kata ‘layak’.Bahkan cenderung terpuruk.Seperti biasa.Bagus di awal,namun semakin turun kualitas seiring berjalanya waktu.

Bagi sebagian kalangan yang mampu , setidaknya mereka bisa bertahan ditengah kepungan kemacetan.Meskipun beresiko tinggi,bagi yang mampu membeli motor setidaknya mereka bisa sedikit lega.Karna murah meriah dan cepat sampai tujuan.Untuk mobilmeskipun boros bahan bakar, setidaknya ada rasa aman dan nyaman di dalam kendaraan.Namun sampai kapan mereka mampu bertahan ?? Setiap hari berapa orang yang terus bertambah menggunakan kendaraan pribadi ??

Sempat terbuka secercah harapan untuk menuju yang lebih baik ketika hadir Transjakarta dan monorail.Namun semua mimpi yang dibangun seolah kembali terkubur.Proyek monorail tiba – tiba batal dengan alasan tidak ada dana saat sudah rampung 30%.Supir angkutan umum protes karna izin trayek mereka di cabut secara sepihak oleh Dishub DKI dengan alasan yang tidak masuk akal.Trayek mereka bersinggungan dengan trayek Transjakarta.Sementara dari segi kualitas pelayanan,Transjakarta yang sekarang berbanding terbalik dan semakin menurun jika dibandingkan Transjakarta pada awal kemunculanya.

Belum selesai masalah Transjakarta,kali ini penumpang KRL yang menjerit.Pola melingkar/Loop Line yang memangkas trayek perjalanan dari 37 trayek hingga 6 trayek yang terkesan prematur menyulitkan mereka.Belum lagi rencana penghapusan KRL Ekonomi pada tahun ini yang semakin mengancam rakyat kecil yang tidak mampu membeli tiket kereta.Imbasnya bisa ditebak.Yang kaya beralih ke kendaraan pribadi.Tapi yang pas – pasan ?? Gatau deh…Silakan jawab sendiri.

Disisi lain mega proyek jalan tol senilai Rp40 triliun siap dilaksanakan yakni Semanan-Sunter (17,88 km), Sunter-Bekasi Raya (11 km), Duri Pulo-Kampung Melayu (11,38 km), Kemayoran-Kampung Melayu (9,65 km), Ulujami-Tanah Abang (8,27 km) & Pasar Minggu-Casablanca (9,56 km).Ironis ga ya ??

So,Bagaimana menurut anda?? Menurut penulis sih jika kondisi seperti ini terus dibiarkan,tunggulah ramalam 2014 Jakarta akan macet total (weeew.sereem).Tapi jika pemerintah mau bertindak,belum ada kata terlambat untuk memecah kemacetan.Setidaknya si tahun 2012 ada setitik harapan untuk menjadi lebih baik.

Demikian tanggapan tahun 2011 kemarin.mohon maaf jika terlambat.Selamat tahun baru 2012

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Safety Is The First | Copyright © 2011 Diseñado por: compartidisimo | Con la tecnología de: Blogger