Strategi Produk
Strategi produk desain untuk mempengaruhi konsumen baik
untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Strategi produk didesain untuk
mengembangkan loyalitas merek dan mendapatkan bangsa pasar yang besar. J. Paul
mempengaruhi keberhasilan suatu produk, ada 7 karakteristik yang perlu
diperhatikan, yaitu:
1.Kompatibilitas yaitu seberapa dekat produk ini cocok atau dekat dengan afeksi, kognisi dan perilaku konsumen
2.Kemampuan untuk uji coba yaitu dapatkah konsumen mencoba produk dalam kondisi yang terbatas dan dengan resiko yang sekecil-kecilnya
3.Kemampuan untuk diteliti yaitu sejauh mana produk atau dampak yang dihasilkan oleh produk terebut dapat dirasakan oleh konsumen lain
4.Kecepatan yaitu seberapa cepat konsumen dapat merasakan manfaat produk
1.Kompatibilitas yaitu seberapa dekat produk ini cocok atau dekat dengan afeksi, kognisi dan perilaku konsumen
2.Kemampuan untuk uji coba yaitu dapatkah konsumen mencoba produk dalam kondisi yang terbatas dan dengan resiko yang sekecil-kecilnya
3.Kemampuan untuk diteliti yaitu sejauh mana produk atau dampak yang dihasilkan oleh produk terebut dapat dirasakan oleh konsumen lain
4.Kecepatan yaitu seberapa cepat konsumen dapat merasakan manfaat produk
5.Kesederhanaan yaitu sejauh mana suatu produk dengan
mudah dimengerti dan digunakan oleh konsumen.
6.Manfaat relative yaitu sejauh mana suatu produk memilki keunggulan bersaing dengan produk lain
7.Simbolisme produk yaitu apa makna produk tersebut bagi konsumen
6.Manfaat relative yaitu sejauh mana suatu produk memilki keunggulan bersaing dengan produk lain
7.Simbolisme produk yaitu apa makna produk tersebut bagi konsumen
Mengembangkan Strategi Produk
Strategi produk menggambarkan tindakan yang digunakan
oleh komponen produk dari bauran pemasaran untuk mencapai tujuan sebuah
perusahaan. Sebuah item produk adalah sebutan pemsaran yang paling rendah atau
dasar dalam bauran produk ini adalah item tersendiri seperti, sebuah merek
sabun batangan. Sebuah lini produk adalah sejumlah item produk tersendiri yang
terkait. Hubungan ini biasanya ditetapkan secara umum. Dua merek sabun batangan
adalah dua item produk dalam lini produk.
Bauran produk adalah kumpulan dari lini produk dalam kekuasaan dan kepemilikan perusahaan. Konsistensi bauran produk menunjukan pada kedekatan atau kemiripan lini produk, semkain dalam konsistensi yang dimilikinya. Semakin banyak lini produk dalam sebuah bauran produk, lebih besar dan lebih luas bauran produk tersebut.
Bauran produk adalah kumpulan dari lini produk dalam kekuasaan dan kepemilikan perusahaan. Konsistensi bauran produk menunjukan pada kedekatan atau kemiripan lini produk, semkain dalam konsistensi yang dimilikinya. Semakin banyak lini produk dalam sebuah bauran produk, lebih besar dan lebih luas bauran produk tersebut.
a. Daur Hidup Produk
Daur hidup produk meringas perjalanan produk pada tingkat perkenalan,
pertumbuhan, kedewasaaan, penurunan
b. Pilihan Strategi Produk
Daur hidup produk meringas perjalanan produk pada tingkat perkenalan,
pertumbuhan, kedewasaaan, penurunan
b. Pilihan Strategi Produk
Kegagalan untuk memahami dengan jelas pilihan strategi
produk akan menimbulkan ketidakefektifan dan konflik dalam usaha pemasarannya.
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Strategi Pemasaran
Perusahaan
1.Lingkungan Mikro
Lingkungan Mikro perusahaan terdiri dari para pelaku
dalam lingkungan yang langsung berkaitan dengan perusahaan yang mempengaruhi
kemampuannya untuk melayani pasar, yaitu :
a.Perusahaan yaitu struktur organisasi perusahaan
itu sendiri. Strategi pemasaran yang diterapkan oleh bagian manajemen pemasaran
harus memperhitungkan kelompok lain di perusahaan dalam merumuskan rencana
pemasarannya
b.Pemasok
Para pemasok adalah perusahaan-perusahaan dan individu
yang menyediakan sumber daya yang dibutuhkan oleh perusahaan dan para pesaing
untuk memproduksi barang dan jasa tertentu.
c.Para Perantara PemasaranPara perantara
pemasaran adalah perusahaan-perusahaan yang membantu perusahaandalam promosi,
penjualan dan distribusi barang / jasa kepada para konsumen akhir.
Paraperantara pemasaran ini meliputi :
1.Perantara adalah perusahaan atau individu yang membantu
perusahaan untuk menemukan konsumen
2.Perusahaan Distribusi Fisik perusahaan seperti ini
membantu perusahaan dalam penyimpanan dan pemindahan produk dari
tempat asalnya ketempat-tempat yang dituju
3.Para Agen Jasa Pemasaran seperti perusahaan atau
lembaga penelitian pemasaran, agen periklanan, perusahaan media, dan perusahaan
konsultan pemasaran
4.Perantara Keuangan seperti bank, perusahaan kredit,
perusahaan asuransi, dan perusahaanlain yang membantu dalam segi keuangan.
d.Para Pelanggan Yaitu pasar sasaran suatu
perusahaan yang menjadi konsumen atas barang atau jasa yang ditawarkan
perusahaan apakah individu-individu, lembaga-lembaga, organisasi-organisasi dan
sebagainya.
e.Para Pesaing Dalam usahanya melayani kelompok
pasar pelanggan, perusahaan tidaklah sendiri.
f.Masyarakat Umum Sebuah perusahaan juga harus
memperhatikan sejumlah besar lapisan masyarakat yang tentu saja besar atau
kecil menaruh perhatian terhadap kegiatan- kegiatan perusahaan.
2.Lingkungan Makro
Lingkungan makro terdiri dari kekuatan-kekuatan yang
bersifat kemasyarakatan yang lebih besar dan mempengaruhi semua pelaku
dalam lingkungan mikro dalam perusahaan, yaitu:
a. Lingkungan Demografis kependudukan
menunjukkan keadaan dan permasalahan mengenai penduduk, seperti distribusi
penduduk secara geografis, tingkat kepadatannya, kecenderungan perpindahan dari
satu tempat ke tempat lain
b. Lingkungan Ekonomi menunjukkan sistem
ekonomi yang diterapkan, kebijakan-kebijakan pemerintah yang berkenaan dengan
ekonomi, penurunan dalam pertumbuhan pendapatan nyata, tekanan inflasi yang
berkelanjutan, perubahan pada pola belanja konsumen, dan sebagian yang
berkenaan dengan perkonomian
c. Lingkungan Fisik menunjukkan
kelangkaan bahan mentah tertentu yang dibutuhkan oleh perusahaan, peningkatan
biaya energi, peningkatan angka pencemaran, dan peningkatan angka campur tangan
pemerintah dalam pengelolaan dan penggunaan sumber-sumber daya alam
d. Lingkungan Teknologi menunjukkan peningkatan
kecepatan pertumbuhan teknologi, kesempatan pembaharuan yang tak terbatas,
biaya penelitian dan pengembangan yang tinggi, perhatian yang lebih besar
tertuju kepada penyempurnaan bagian kecil produk dari pada penemuan yang besar
e. Lingkungan Sosial / BudayaLingkungan
ini menunjukkan keadaan suatu kelompok masyarakat mengenai aturan kehidupan,
norma-norma dan nilai-nilai yang berlaku dalam masyarakat, pandangan masyarakat
dan lain sebagainya yang merumuskan hubungan antar sesama dengan masyarakat
lainnya serta lingkungan sekitarnya.
0 komentar: