Struktur Pasar
Struktur pasar merupakan penggolongan pasar
berdasarkan strukturnya. Dibagi kedalam beberapa bagian yaitu:
A.Pasar persaingan sempurna adalah Jenis pasar
dengan jumlah penjual dan pembeli yang banyak dan produk yang dijual bersifat
homogen.
Jumlah output yang diproduksi perusahaan agar
mencapai laba maksimal adalah pada saat MR=MC. Ekstrim pertama, perusahaan
berada dalam pasar persaingan sempurna (perfect competition), dimana jumlah
perusahaan begitu banyak dan kemampuan setiap perusahaan sangat kecil untuk
mempengaruhi harga pasar. Ekstrim kedua adalah perusahaanhanya satu ±satunya
produsen (monopoli).
Kondisi ekstrim tersebut jarang sekali terjadi, umumnya
dua kondisi peralihan antara ekstrim persaingan sempurna dan monopoli. Kondisi
pertama adalah perusahaan bersaing, tetapi masing ±masing mempunyai daya
monopoli (terbatas), disebut persaingan monopolistic
(monopolistic competition). Kedua adalah dalam pasar hanya ada
beberapa produsenyang jika bekerja sama mampu menghasilkan daya monopoli
dikenalsebagai oligopoli (oligopoly ).
Karakteristik Pasar Persaingan Sempurna
a.Semua perusahaan memproduksi barang yang homogen
b.Produsen dan konsumen memiliki pengetahuan sempurna
c.Output sebuah perusahaan relatif kecil dibanding output
pasar
d.Perusahaan menerima harga yang ditentukan pasar
e.Semua perusahaan bebas masuk dan keluar pasar
B.Pasar persaingan tidak sempurna terdiri atas :
a.Pasar Monopoli : Hanya terdapat satu penjual yang
menguasai pasar.
b.Pasar Oligopoli : Pasar di mana penawaran satu
jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Umumnya jumlah perusahaan lebih
dari dua tetapi kurang dari sepuluh.
c.Pasar Duopoli : Memiliki karakteristik yang sama
dengan oligopoli, namun pada pasar duopoli hanya ada dua perusahaan.
d.Pasar Persaingan Monopolistik : Bentuk pasar di
mana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang serupa tetapi memiliki
perbedaan dalam beberapa aspek.
e.Pasar Monopsoni : Jenis pasar dimana hanya ada
satu pembeli.
f.Pasar Oligopsoni : adalah bentuk pasar dimana
barang yang dihasilkan oleh beberapa perusahaan dan banyak perusahaan yang
bertindak sebagai konsumen.
0 komentar: