Buscar

Selasa, 28 Agustus 2012

Libur Lebaran Usai,Korban Tewas Mencapai 908 Orang







 

Liburan lebaran 1433 H berakhir sudah.Saatnya kembali beraktivitas secara normal seperti sebelum libur lebaran.
Nah,pas lagi nyantai kemaren,penulis dapet berita yang cukup bikin kaget.Di fanpage facebook komunitas MTI dan Bismania Community muncul berita yang katanya dapet data dari kepolisian.Bahwa hingga hari senin,27 Agustus 2012 korban tewas akibat kecelakaan saat arus mudik kemarin mencapai total 908 orang.Yang lebih bikin kaget lagi sebagian besar korban adalah bikers (Pengendara Motor).Jumlah ini meningkat 130% di banding tahun lalu.
Kira – kira pembaca bisa bayangin ga ? dalam 1 hari berapa nyawa melayang kalo totalnya segitu ? Mungkin sekitar 3-4 ya.Saat mudik kemarin saja penulis melihat sendiri bagaimana orang sekarat dengan kondisi kepala hancur di tengah jalan di daerah kertosuro.Atau ketika kepala seorang bikers hampir kelindes ban depan sebuah bis setelah terjatuh akibat menabrak bumper belakang sebuah mobil pick up.
Tapi jika kita lihat kembali keadaan saat arus mudik kemarin menurut penulis bukanlah suatu hal yang luar biasa kalau jumlah korban tewasnya segitu.Banyak faktornya.Diantaranya kondisi jalan yang tidak bisa diprediksi dan berkurangnya kapasitas jalan akibat bertambahnya volume pemudik.Tapi faktor yang paling berpengaruh adalah karakter pemudik dalam mengemudikan kendaraanya yang cenderung ngebut dan ugal – ugalan dan terbiasa berjalan di jalan yang mulus.Sehingga ketika ia berada di jalan antar kota (terutama di Indonesia) yang terkenal dengan kondisi jalan yang tidak bisa di prediksi namun kebanyakan pengemudinya lebih mengutamakan safety dan share mengenai jalan dibanding kecepatan,ia tidak bisa mengontrol kendaraanya.
Terserah orang mau nanggapin apa tentang jumlah korban tewas.Bagi penulis itu tidak penting.Tapi pertanyaanya mau sampai kapan ada korban tewas ? Apakah pembaca mau jadi korban berikutnya di tahun depan ?.Ingat.Mudik itu adalah ajang untuk kita bersilaturahmi.Bukan media untuk pamer THR sama ngebut di jalan.

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Safety Is The First | Copyright © 2011 Diseñado por: compartidisimo | Con la tecnología de: Blogger