Buscar

Rabu, 30 April 2014

Tugas : ETIKA POLITIK





Halo halo penganut blog saya. Hahahaha. Lama juga nih ngga meraba raba blog ini. Masih idup ternyata. Maap ya blog *ngelus ngelus blog :v. Maklum. Yang punya blog baru nemu wangsit di lingkungan yang ngga umum *halah. Apa si :3.

Oiya. Kali ini yang penulis mau bahas mengenai alam lain. *PIIIIIP !!! Hahaha. Tenang aja. Jangan pucet begitu mukanya. Slow aja. Siapin sajen dulu sebelum baca *nyodorin kopi item + gorengan :v.

Maksudnya tuh gini. Tema kali ini sesuai ama judulnya. Etika politik. Yaitu etika yang berhubungan dengan dunia politik. Kenapa dibilang alam lain? Ya karna memang dunia politik belum pernah penulis pahamin. Hahahaha. Bahkan di pemilu tanggal 9 April pun bisa dibilang penulis termasuk pemilih pemula.

Nah, sebelum pemilu kemarin kan caleg pada promo tuh biar pada dipilih waktu kampanye. Sayangnya menurut Panwaslu di masa kampanye itu ada sekitar 500 kasus pelanggaran saat kampanye. Banyak sih jenis jenis pelanggaranya. Tapi kali ini penulis hanya mau membahas mengenai pelanggaran yang berhubungan dengan fasilitas dan inrastruktur publik aja ya. Maap ya ngga bahas yg lain dolo. Kan pembaca tau sendiri. Penulis emang pahamnya ama yg bijituan. Bahkan udah jauh cinta. Apa lagi angkutan umum. Udah kayak belahan jiwa. Bhahahahaha.

Waktu kampanye kemaren emang sih penulis lihat pelanggaran yang membuat penulis gondok abis. Tapi rada rada ngenes juga. Seperti konvoi di tengah jalan. Kalo misalkan jalanan jadi macet karna masanya kebanyakan ya bolehlah. Penulis masih bisa terima. Tapi ini apaan? Macet karna jalanya diblokir? Hello !! Emang ini jalanan punya babeh lo?!! Etikanya dimana?? Mending dibantu sama polisi. Ini jangankan ada polisi. Yang blokir jalan malah ormas yang belaga kayak polisi. Mana kendaraanya dipasang sirine sama lampu strobo lagi. Akhirnya mau ngga mau penulis harus nunggu sampe itu rombongan ilang.

Udah gitu yang bawa kendaraan pada ngga safety. Alias fitur keselamatan berkendaranya ngga lengkap. Seperti ga pake helm dan spion yang lengkap, boncengan ber 3, naik mobil pintunya ngga ditutup, dll. Haduh.. Ampun dah. Padahal fitur fitur seperti yang penulis sebut itu sangat berguna pada saat terjadi kecelakaan.

Kesimpulanya, menurut penulis yang namanya kampanye itu ngga dilarang. Bebas kok. Itu bagus untuk sosialisasi sambil kenalan sama masyarakat. Jadi masyarakat tuh kenal calonya. Tapi bukan berarti dengan alasan kampanye bisa seenaknya merampas hak orang lain sama membahayakan diri sendiri kan. Semua itu ada aturanya. Polisi pun membenarkan hal itu. Seperti yang terjadi di daerah Jakarta timur. Puluhan pengendara motor ditilang dengan alasan melanggar lalu lintas sama mengganggu ketertiban umum.

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Safety Is The First | Copyright © 2011 Diseñado por: compartidisimo | Con la tecnología de: Blogger