Buscar

Senin, 13 Februari 2012

Tentang Kecelakaan Bis

 

Disaat dunia perbisan mulai bangkit,cobaan kembali menerpa.Seperti kita ketahui selama 2 bulan terakhir ini baik itu di Koran,TV,Internet sampai jejaring sosial pun lebih banyak membahas kecelakaan bis yang terjadi hampir setiap hari.Bahkan sampai anggota DPR pun terusik karna seringnya berita kecelakaan yang melibatkan bis.

Pada kesempatan kali ini rasanya tidak mungkin penulis membahas satu per satu kronologi kecelakaan satu per satu karna sangking banyaknya.Tapi kali ini penulis mencoba meraba secara sekilas apa sih penyebab yang mendasar dari sebuah kecelakaan bis ?

Menurut penasihat Bismania Community Harsono , maraknya kecelakaan bus disebabkan sejumlah faktor utamanya manusia dan armada.Dia berpendapat bahwa kecelakaan bis yang terjadi 80% disebabkan oleh human error.


Untuk menghindari masalah human error ini,sebenarnya kementrian perhubungan sudah membuat aturan mengenai pergantian jam terbang supir dalam jarak tertentu.Namun masih banyak PO yang mempekerjakan supir secara engkel atau tidak diganti.Terutama pada PO dengan sistem setoran.Alasanya klasik.Jika ada supir pengganti berarti harus mengeluarkan biaya tambahan.Lagipula jika supir tidak bekerja,maka supir tidak mendapat setoran.

Kemudian masalah armada.Pemerintah juga telah mengatur tentang uji kelayakan kondisi armada.Namun lagi – lagi banyak PO yang tetap memaksa armadanya tetap beroperasi meski sudah dalam kondisi tidak layak jalan.Alasanya pun sama.Biaya perawatan armada yang tidak mencukupi untuk membeli sparepart yang seharusnya sudah diganti.

Inilah seharusnya yang menjadi perhatian pemerintah.Kedepan pemerintah harus memikirkan solusi bagaimana memberikan subsidi agar para supir bis tetap sejahtera meski jam terbangnya diatur dan agar tidak ada lagi sparepart yang mahal.


0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Safety Is The First | Copyright © 2011 Diseñado por: compartidisimo | Con la tecnología de: Blogger