Buscar

Jumat, 02 Maret 2012

Tentang Inobus



Inobus adalah Chassis bis keluaran PT.Industri Kereta Api (INKA) yang berbasis di Madiun,Jawa Timur.Mungkin sejenak terdengar asing di telinga kita.Memang namanya tidak setenar chassis Golden Dragon dari China.Penulis sendiri pun kesulitan mencari informasi tentang Inobus.Tapi jika di tilik dari sejarahnya,sebenarnya chassis ini sudah diproduksi sejak tahun 2009 lalu.Dan prototypenya pun sendiri pernah sempat masuk istana kepresidenan RI.

Ada 2 varian yang ditawarkan PT.INKA pada chassis bis ini.Yaitu single bus ¾ dan articulated bus.Untuk articulated bus dibekali mesin Cummins 320 HP berbahan bakar gas,retarder,ABS (Anti Locking Brake System),dan Air Suspension System.Dengan spesifikasi seperti ini PT.INKA mengklaim Inobus memiliki keunggulan sebagai berikut :

-Heavy Duty Chassis : Sesuai dengan karakteristik crush load angkutan massal di Indonesia.
-Modular axle& tyre  assy : Untuk kemudahan desain wheel base menyesuaikan karakteristik manuver operasional
-Customized drive line  240 – 400 HP : Menyesuaikan kebutuhan operasional dg performansi optimum untuk efesiensi konsumsi BBM/ energi.
-Integrated Retarder & Automatic Transmission : Menghemat umur pakai ban dan  rem dan kemudahan pengendaraan.
-CAN bus system & Upgradable to Vehicle Monitoring System : Untuk kemudahan perawatan, perbaikan, fleet management, dan trouble shooting
-Disc brake on Front & Middle Axle, ABS w/ CAN bus line : Untuk  kemudahan perawatan dan keamanan pengereman (mencegah roda skid ).
-High Safety Level  & Capacity CNG System : Untuk mereduksi waktu pengisian dan meningkatkan keamanan sistem CNG di kendaraan.
-High Capacity Cooling Performance 2×130.000 BTU : Menjaga kenyamanan penumpang      terutama saat crush load.

Sayangnya teman penulis yang juga mencari informasi Inobus menyebutkan bahwa sampai saat ini Inobus Articulated bus hanya menggunakan mesin Cummins.Namun varianya bisa di pilih.mau yang 320 HP atau yang 280 HP.

 

Untuk Inobus ¾ ini sudah difasilitasi Air Suspension system dengan body semi monoque built up PT.INKA.Hanya itu keterangan yang penulis dapatkan.

Besar harapan penulis kepada PT.INKA untuk memberikan informasi yang lebih jelas tentang Inobus ini.Agar semua pihak yang ingin mengetahui profile bus ini tidak kesulitan menggali informasinya.


'>Hig� �ZD @� evel  & Capacity CNG System : Untuk mereduksi waktu pengisian dan meningkatkan keamanan sistem CNG di kendaraan.


  • High Capacity Cooling Performance 2×130.000 BTU : Menjaga kenyamanan penumpang terutama saat crush load.
  • 0 komentar:

    Diberdayakan oleh Blogger.
     
    Safety Is The First | Copyright © 2011 Diseñado por: compartidisimo | Con la tecnología de: Blogger