Buscar

Sabtu, 13 Oktober 2012

Lauching APTB Line 3.Kembalinya Roh Masstrans Dan PO Bianglala Metropolitan AC 45,Mungkinkah ??



Semenjak kamis kemarin,tepatnya tanggal 4 oktober 2012 lalu ada pemandangan yang berbeda dari sepanjang jalur Transjakarta koridor 1 (Blok M – Kota).Biasanya di jalur ini bus bermesin Hino RG dan Mercedes – Benz OH 1521 dengan livery merah dan dibalut body Genesia balutan karoseri New Armada milik PT. Jakarta Ekspress Trans (JET).Kali ini ada yang berbeda.Ada 4 unit bus baru berwarna biru langit dibalut body Travego Coach karoseri Srikandi.Tapi yang bikin heboh bukan bis barunya itu.Tapi mesinya.Mercedes – Benz OH 1526 !!! (woooowww....!!!).

Memang tidak ada yang salah kalo ada pemandangan seperti itu.Karna hari itu ada lauching APTB (Angkutan Pemandu Terintegrasi Busway) oleh Pemerintah provinsi DKI Jakarta.Pengoperasian APTB jurusan Ciputat-Kota ini melengkapi rute APTB yang sudah beroperasi saat ini yakni APTB jurusan Bekasi-Pulogadung dan APTB jurusan Tangerang-Kalideres.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Udar Pristono, mengatakan, pengoperasian angkutan perbatasan yang terintegrasi dengan Transjakarta Busway selain bertujuan meningkatkan aksesibilitas antara Jakarta dan kota penyangga sekitarnya, juga untuk membangun kepedulian publik agar menggunakan angkutan umum massal.

APTB ini menganut sistem Direct Service pada pengoperasiannya yang dimana rute-rute APTB diberikan privilege masuk ke lajur busway TransJakarta.Dan rencananya setelah lahir 3 trayek baru ini,kedepan akan ditambahkan menjadi 18 trayek.

Soal trayeknya,bus ini mengaplikasikan trayek lama PO Bianglala Metropolitan.Yaitu AC 45 (Ciputat – Kota).Trayek ini dulunya dihapus karna bersinggungan dengan rute Transjakarta.

Tarif bus ini cukup murah.Cukup membayar Rp.9500,00 untuk bisa sampai tujuan 1 rit.Bahkan mungkin tergolong murah untuk kelasnya.Bisa di bayangkan.Hanya dengan uang segitu sudah bisa merasakan layanan Mercedes – Benz OH 1526 yang terkenal mewah untuk kelas big bus.Selain itu terdapat beberapa fitur seperti tangga darurat di pintu tengah dan interior yang benar benar luxury.

Menurut Dirut PT. BMP Tasmiyati Mujiono Chassis Mercedes-Benz tipe ini dipilih karena ada beberapa spesifikasi yang dimiliki yang sesuai dengan spesifikasi yang disyaratkan Dinas Perhubungan DKI Jakarta.Dia mengungkapkan, OH-1526 dengan kapasitas tangki bahan bakar 300 liter memungkinkan waktu operasional bisa maksimal. Jika menggunakan bahan bakar gas, ada waktu terbuang untuk pengisian bahan bakar mengingat sebagian besar lokasi Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBBG) jauh dari jalur.

Menilik dari kondisi busnya,seketika penulis teringat sebuah bus bernama Masstrans (Selengkapnya ada di SINI) yang mengincar pasar kelas menengah dengan pelayanan termewah waktu itu.Nah dengan kehadiran APTB jalur baru ini mungkinkah mampu mengembalikan roh dari Masstrans dan Bianglala AC 45 ?? Atau hanya menjadi sekedar proyek ??

Sumber :

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Safety Is The First | Copyright © 2011 Diseñado por: compartidisimo | Con la tecnología de: Blogger